Skip to main content

Cara mendaftar, verifikasi, dan menggunakan BRImo BRI

DAFTAR ISIBUKATUTUP
    Kumpulan tutorial BRImo BRI

    Cara buka rekening di BRI secara online


    Membuka tabungan di Bank BRI dapat dilakukan melalui ponsel secara online tanpa perlu ke bank, cukup dengan menyelesaikan beberapa langkah pendaftaran maka kita akan mendapatkan akun rekening baru.

    Kunjungi situs resmi:
    https://bukarekening.bri.co.id/digital-saving/

    Kunjungi alamat tersebut untuk mendaftar dan persiapkan juga aplikasi BRImo, silakan download dulu aplikasinya di PlayStore (Perlu diketahui pendaftarannya melalui situs bukan melalui aplikasi, setelah terdaftar dan aktif baru boleh login ke aplikasi).

    Cara mendaftar, verifikasi, dan menggunakan BRImo BRI

    Selanjutnya dari laman situs resmi tersebut silakan langsung mendaftar dengan menyelesaikan langkah demi langkah berikut ini.

    Cara mendaftar


    1. Siapkan dokumen:
    Siapkan NIK KTP dan data diri, seperti nama, alamat, nama ibu, nomor ponsel, email, dll.

    2. Verifikasi diri:
    Lakukan foto KTP, merekam diri atau disebut KYC, dll.

    Ulangi saja jika gagal, pastikan internet ponsel kita aktif dan jaringan lancar, pencahayaan juga harus pas tidak terlalu gelap tidak juga terlalu terang, dan tak kalah penting kualitas kamera juga berpengaruh, untuk Android OS 7 keatas rasa-rasanya sudah cukup memadai untuk melakukan KYC.

    3. Membuat akun BRImo:
    Membuat data login seperti username dan password untuk digunakan login ke app BRImo dan memverifikasi melalui SMS dengan kode OTP.

    Jika OTP tidak dikirim, coba perhatikan apakah pulsa kita masih ada, soalnya proses ini pakai pulsa meskipun terkadang juga gratis, dan khusus pengguna kartu Axis perhatikan juga apakah sms banking kita tidak terkunci, jika iya silakan buka kuncinya melalui aplikasi Axis agar dapat menerima sms banking.

    Ketika memverifikasi kode OTP juga punya tehnik khusus, kode OTP terkadang dalam bentuk link yang dapat di klik, jadi silakan klik dan pilih buka link melalui Aplikasi BRImo, jangan memilih membuka link dengan Browser. Biasanya ada kan tuh pilihannya? "Buka link dengan App BRImo atau dengan Browser", maka silakan pilih membuka dengan App BRImo.

    Setelah itu kita akan diminta menjawab berbagai pertanyaan, misalnya: Apa pekerjaannya, Berapa penghasilannya, Apa tujuan membuka rekening, Memilih apakah buku tabungan dan kartu ATM diantar ke rumah kita atau ingin mengambilnya sendiri ke bank terdekat, dan banyak lagi pertanyaan lainnya, silakan jawab semuanya.

    4. Setoran awal:
    Setelah semua langkah diatas selesai dan jika berhasil maka akan ada pemberitahuan melalui email bahwa pendaftaran sudah berhasil dan kita akan diberi data untuk digunakan login ke aplikasi BRImo.

    Pada tahap ini meski pendaftaran sudah berhasil tapi akun kita belum aktif, agar aktif kita akan diminta menyelesaikan setoran awal minimal Rp.100.000 ke nomor rekening BRIVA khusus. Kita dapat menyetornya dengan cara transfer melalui rekening milik kerabat atau teman, suruh saja kerabat atau teman kita buat mentransfer ke nomor rekening BRIVA tersebut dan setelah terkirim maka akun kita akan otomatis aktif dan kita akan mendapatkan nomor rekening yang infonya dikirim ke email kita dan setelah itu kita dapat login ke aplikasi BRImo.

    Selanjutnya beberapa hari kemudian, buku tabungan dan kartu ATM akan diantar ke rumah kita atau dapat diambil sendiri ke bank terdekat.

    Catatan: Nomor rekening BRIVA khusus hanya digunakan untuk setoran awal saja, untuk mengaktifkan rekening kita saja, dan setelah itu baru kita akan mendapatkan nomor rekening milik kita sendiri. Saat misalnya ingin menyetor lagi kita dapat mengirimnya ke nomor rekening milik kita sendiri, bukan ke BRIVA lagi.

    Setelah sukses punya nomor rekening dan akun aplikasi BRImo maka selesai sudah, kita dapat melakukan transaksi apapun melalui aplikasi tersebut, mengaitkan akun ke dompet digital seperti ShopeePay, Dana, Ovo, Western union maupun dompet digital luar negeri, belanja online, Qris, tarik tunai, atau beli pulsa, namun pulsa tersedia juga di aplikasi BRImo.



    Cara mengetahui nomor kartu ATM BRI


    Kartu ATM, baik kredit maupun debit berguna sebagai alat tarik tunai melalui mesin ATM/EDC di minimarket atau supermarket maupun sebagai pembayaran online di toko online seperti Shopee, Lazada, dll, dan berguna juga sebagai alat untuk memverifikasi PayPal.

    Namun terkadang mungkin dalam beberapa situasi dan kondisi, misalnya dompet ketinggalan dirumah janda atau duda sehingga kita lupa nomor dari kartu debit ataupun kredit milik kita, atau dalam kondisi lain mungkin kita memang belum tau yang mana disebut sebagai nomor kartu ATM itu.

    Nomor kartu ATM BRI terdiri dari sebaris angka yang berjumlah 16 digit dan biasanya dipisahkan menjadi empat kelompok angka yang totalnya 16 buah angka. Pada angka pertama merupakan kode dari jenis jaringan yang digunakan, untuk angka 4 misalnya, adalah jenis visa dan angka 5 jenis mastercard, dan sisanya adalah angka kode bank yang mengeluarkan kartu tersebut. Jadi misal angka pertamanya adalah 5 itu tandanya kartu kita jenis mastercard.

    Setidaknya ada 2 cara untuk melihat nomor kartu pada kartu ATM BRI


    1. Dapat dilihat langsung pada Kartu Fisik:
    Silakan lihat atau cek pada kartu debit ataupun kredit BRI milik anda dan lihat ada sederetan angka sebanyak 16 digit yang terbagi menjadi 4 kelompok, nomor itulah yang disebut dengan nomor kartu ATM.

    Contoh:
    5221 8430 2924 8031 adalah nomor kartu.
    10/21 adalah tanggal kadaluarsa kartu.
    Nama Anda adalah nama pemilik kartu.

    2. Dapat dilihat dari Aplikasi BRImo:
    Silakan buka aplikasi BRImo dan Login kedalam akun dengan mengisi username dan password kemudian masuk ke menu Mutasi, selanjutnya pilih salah satu daftar transaksi tarik tunai ATM yang pernah dilakukan, semua riwayat transaksi ada pada halaman mutasi ini, dan semua data seperti nomor rekening, nomor kartu, nama dll ada tertera disana, hanya saja jika belum pernah tarik tunai melalui ATM maka datanya tidak akan terlihat, jadi sebelumnya harus pernah melakukan transaksi tarik tunai ATM terlebih dulu agar info datanya dapat terlihat.



    Cara mengganti nomor ponsel di BRImo


    Seperti yang kita ketahui tidak mudah untuk mengganti nomor hp secara langsung melalui aplikasi BRImo karena fiturnya tidak ada atau tidak bisa di klik sementara, untuk berbagai alasan kita harus mengganti nomor hp di BRImo, entah itu karena nomor hp kita sudah tidak aktif lagi atau hilang atau ganti nope baru atau alasan lain, apapun alasannya, jika memang darurat maka kita dapat melakukan beberapa hal atau pilihan berikut ini.

    1. Datang langsung ke Bank BRI


    Kita bisa langsung datang ke Bank BRI terdekat dan bertanya pada customer service, biasanya akan diminta untuk memperlihatkan bukti berupa KTP, buku tabungan, kartu ATM (jika ada) dan tentunya nomor hp yang akan digunakan untuk mengganti nomor yang lama. Jadi persiapkan semua itu sebelum memutuskan datang ke Bank.

    Selanjutnya setelah di Bank silakan ambil nomor antrian lalu sampaikan saja ke CS bahwa ingin mengganti nomor hp yang lama dengan yang baru, mereka akan membantu kita, biasanya mereka akan menghapus nomor kita yang lama dan meminta kita untuk mendaftar ulang dengan nomor yang baru, lalu verifikasi kode OTP yang dikirim melalui sms, setelah itu maka selesai sudah, untuk lebih jelasnya silakan tanya ke petugas Bank saja.

    2. Menghubungi costumer service melalui telpon


    Cara kedua ini lebih simpel tanpa ke Bank, kita bisa menghubungi costumer service melalui telpon.

    Hubungi call center BRI di nomor 14017 atau 1500017 atau kunjungi situs https://bri.co.id untuk melihat alternatif nomor costumer service lainnya, silakan telpon lalu ikuti panduannya, perlu diingat ini mungkin akan memakan biaya pulsa yang cukup besar, jadi pastikan pulsa kita mencukupi untuk melakukan panggilan ini, setelah tersambung ke CS maka sampaikan saja ingin mengganti nomor hp yang lama dengan yang baru, petugas biasanya akan menanyakan beberapa hal seperti nomor rekening, nama ibu kandung, dan sebagainya, silakan jawab saja dengan benar dan ikuti panduan petugas sampai selesai.

    3. Melalui mesin ATM


    Pilihan cara ketiga adalah melalui mesin ATM, kunjungi saja mesin ATM BRI terdekat, lalu:

    A. Masukkan kartu ATM.
    B. Pilih bahasa.
    C. Masukkan PIN.
    D. Pilih Menu Lainnya.
    E. Pilih Registrasi Info Lain.
    F. Pilih Mutasi Rekening.
    G. Pilih Dari Rekening Tabungan.

    Akan muncul tulisan "Transaksi ini akan dikenakan biaya Rp.500, dst.." dan keterangan untuk penggantian nomor hp, silakan baca saja selengkapnya disana.

    H. Pilih Lanjutkan.

    Masukkan tanggal lahir dengan format DDMMYYYY (tanggal bulan tahun) > Tekan jika benar.

    Masukkan nomor hp yang baru > Tekan jika benar.

    Akan muncul notifikasi "Apakah anda bersedia memberikan kuasa kepada bank, dst..", silakan baca saja selengkapnya disana.

    I. Pilih setuju.

    Selesai, maka akun BRImo kita sudah sukses diganti dengan nomor baru.

    Good luck!

    Comments