Skip to main content

Kumpulan tutorial Facebook

DAFTAR ISIBUKATUTUP
    Kumpulan tutorial Facebook

    Cara membuat avatar dan stiker Facebook


    Cara membuat avatar dan stiker Facebook


    Baca2 dari komentar2 disalah satu #hastag di fb sepertinya banyak yang belum bisa menggunakan fitur avatar facebook ini, dan diposting ini saya akan mencoba untuk berbagi solusinya.

    Pertama-tama untuk dapat membuat avatar dan stiker facebook terlebih dahulu kita harus punya aplikasi facebook karena fitur avatar ini hanya bisa digunakan di aplikasi tersebut. Tidak bisa melalui browser web fb maupun fb lite. Setidaknya itu untuk saat ini, gatau kedepannya nanti semoga bisa.

    Dan tak kalah penting sepertinya juga tidak bisa kalau mempunyai akun lebih dari satu akun pada aplikasi tersebut.

    Jika punya lebih dari satu akun maka harus diremove salahsatunya terlebih dahulu, disisakan satu akun saja.

    Nanti kalau sudah berhasil membuat avatar dimasing2 atau dikedua akun kita, barulah pasang kembali semua akun dalam satu aplikasi.

    Cara meremove akun adalah dengan logout lalu akan kelihatan semua daftar login akun fb kita, daftar akun hanya terlihat jika pernah login dengan lebih dari satu akun, PENTING! fungsi remove dan daftar dari login akun ini hanya akan terlihat setelah anda logout dari aplikasi, jadi anda harus logout untuk dapat melihat ini.

    Setelah daftar akun terlihat tap titik tiga disebelah nama akun lalu pilih "remove account from this application", sisakan satu akun saja. Dalam bahasa Indonesia remove dapat diartikan menghapus, menghapus maksudnya adalah keluar dari bekas/cache masuk ke aplikasi tersebut bukan menghapus akun fb kita, hanya menghapus bekas/jejak login/masuk saja.

    Dalam kondisi tertentu, Jika daftar login tidak terlihat alias tidak ada atau hanya terlihat kotak login/masuk saja, itu tandanya anda belum login, jadi silakan login saja tanpa perlu remove2 lagi.

    Setidaknya begitulah caranya jika dari ponsel saya, saya gatau apakah caranya sama saja dengan smartphone anda.

    Berikut ini langkah Cara Membuat Avatar dan Stiker Facebook.

    Pada dasarnya jika sudah membuat avatar maka otomatis akan jadi stiker. Avatar anda akan otomatis jadi bermacam2 stiker, dengan stiker ekpresi marah sedih senang dan lainnya.

    1. Setelah login dengan satu akun saja. Anda bisa menemukan fitur avatar ini dibawah dari avatar/gambar yang dibagikan oleh teman anda diberanda, biasanya bertuliskan "coba" atau "try it". Klik saja "coba" itu untuk mulai membuatnya.

    2. Atau, anda juga bisa langsung masuk ke halaman MENU dengan cara tap burger menu atau icon garis bersusun tiga dipojok kanan atas. Geser kebawah dan pilih "see more" lalu pilih "avatar" lalu buatlah avatar sesukanya. Memilih bentuk wajah, model rambut, mulut, hidung, baju dan lainnya. Jika sudah selesai pilih "DONE" dipojok kanan atas, selesai deh.

    Dan bisa diedit lagi jika belum puas dengan hasilnya. Cara mengeditnya bisa masuk kembali ke fitur avatar tersebut. Jika anda sudah berhasil membuat avatar, fitur avatar ini tidak lagi muncul di "see more" tapi muncul dimana-mana, berpindah muncul di deretan MENU bagian atas dan juga di Profil didekat icon album foto.

    Aneh memang, awalnya fitur ini ngumpet di 'see more' lalu setelah berhasil membuatnya, fitur ini akan muncul dimana2, kenapa tidak dari awal saja taruh fitur ini diluar (dimana2) biar gak sulit menemukannya, facebook memang nyebelin ya guys? dan kenapa juga hanya bisa dibuat dari aplikasi facebook saja tidak bisa melalui fb web maupun fb lite, dan kenapa harus logout dan harus pakai satu akun saja segala macam, intinya nyebelin ya kan guys. Kita ajak dia Berantem yuk guys, hehe!

    Selanjutnya, Untuk berkomentar dengan stiker dari avatar hasil buatan kita biasanya stikernya akan muncul dibawah kotak komentar, tinggal pilih stikernya seperti berkomentar dengan stiker seperti biasanya. Selamat mencoba!



    Cara mengatasi URL diblokir Facebook


    Terkadang tanpa alasan jelas tiba-tiba link tautan dari url maupun domain kita tidak bisa dibagikan ke fb alias diblokir oleh facebook. Seperti contoh screenshot pada gambar berikut ini.

    Cara Mengatasi URL Diblokir Facebook

    Disana tertulis, Anda tidak bisa menggunakan URL ini. "jaeyjoke.blogspot.com"

    Apa yang salah coba dengan url subdomain tersebut. Yang jelas jika sudah diblokir semacam itu maka akun sulit diatasi. Saya sudah mencoba berbagai cara yang saya baca dari hasil pencarian di Google tapi belum membuahkan hasil.

    Salah satu cara yang saya coba adalah melaporkan ke Facebook bahwa dia salah blokir tapi sayangnya tidak direspon.

    Beberapa hal yang menyebabkan url diblokir biasanya terdeteksi atau di anggap spam. Saya juga membaca pusat bantuan dari Facebook, spam yang dimaksud mungkin karena tak ada jangka waktu atau jangka waktunya terlalu dekat saat mengirim antara satu tautan dengan tautan lainnya dan penyebab lainnya karena dianggap membagikan hoax/kebohongan.

    Jadi, cara mengatasi URL diblokir Facebook adalah jika kita yakin tidak pernah berbagi hoax atau sering mengirim url maka ikuti saja perintahnya, misal peringatannya: "Anda tidak bisa menggunakan URL ini." maka penyelesaiannya gantilah url tersebut dengan yang lain.

    Tapi kalau saya pribadi saya memilih tidak share url ke FB, biarin fb sepi tak ada orang berbagi link disana biar dia bangkrut, haha.., iya lama kelamaan pengguna jika diblokir tanpa alasan jelas seperti itu akan bosan dengan sendirinya, dan saya yakin tidak hanya satu dua orang mengalami itu.

    "The power of pengguna, pengguna adalah raja, jangan mengalah karena kita adalah king. Tapi dalam konteks ini saja ya."



    Cara membuka akun facebook dikunci


    Sebetulnya ini tak begitu penting untuk diposting di blog karena langkah-langkah penyelesaiannya cukup mudah namun tetap saya posting saja buat kenang-kenangan bahwa akun facebook saya pernah dikunci oleh pihak facebook hehe.

    Sadar ingin membuat ini sebagai postingan jadi sambil menyelesaikan langkah demi langkah saya sempat-sempatin screen-screenshotin halamannya, wkwk ini dia.

    1. Pemberitahuan akun dikunci. Klik "mulai" untuk membukanya.

    Cara membuka akun facebook dikunci

    2. Langkah membukanya.

    Cara membuka akun facebook dikunci

    3. Amankan detail login.

    Cara membuka akun facebook dikunci

    4. Pilih email dan nomor telepon untuk di hapus.

    Cara membuka akun facebook dikunci

    5. Membuat kata sandi baru.

    Cara membuka akun facebook dikunci

    6. Selesai, berhasil membukan kunci akun.

    Cara membuka akun facebook dikunci

    Good luck!



    Cara hapus semua teman di Facebook melalui HP (tanpa alat khusus)


    Cara cepat hapus teman secara selektif atau semua teman di facebook dengan menggunakan hp smartphone yang artinya tanpa melalui perangkat laptop pc maupun alat khusus.

    Sebenarnya mungkin lebih cepat kalau pakai alat semacam extensi google hanya saja dari beberapa artikel yang saya baca katanya itu hanya buat PC saja dan tentunya setelah saya coba memang tidak berfungsi di browser mobile HP. Dan inilah alasan saya menulis cara ini agar pengguna HP tetap bisa melakukan hapus teman secara masal.

    Caranya gunakan saja browser google chrome dan masuk ke facebook seperti biasanya dan lihat daftar teman. Disana biasanya terdapat daftar teman yang masing-masing pada bagian bawah nama teman terdapat link 'Hapus Pertemanan' dan langsung saja klik itu satu persatu. Uniknya ini seperti offline saat di klik tidak akan loading jadi proses penghapusannya sangat cepat.

    Kalau sederetan daftar nama itu sudah berstatus 'hapus' dan berganti menjadi kata 'tambah teman' selanjutnya tarik browser kebawah untuk merefresh.

    Lalu ulangi cara diatas sampai semua terhapus. Kebetulan beberapa waktu lalu saya mencoba ini pada akun FB saya yang berjumlah sekitar 1000 teman, hanya dalam 4x mengulangi refresh langsung habis terhapus semunya dan hanya tersisa dua teman yang memang sengaja saya sisakan.

    Kurang lebih begitulah cara tercepat hapus semua teman dibanding cari-cari trik yang lebih cepat di google tapi tidak ketemu yang pada akhirnya membuang banyak waktu mending langsung lakukan saja cara seperti diatas tanpa banyak mikir hehe. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.




    Cara hapus semua status di Fanpage Facebook melalui HP


    Cara cepat hapus semua status atau tautan di Fanpage Facebook dengan menggunakan hp smartphone yang artinya tanpa melalui perangkat laptop pc maupun alat khusus.

    Caranya adalah kunjungi Fanpage anda dengan browser chrome seperti biasanya namun dengan terlebih dahulu menconteng tampilan dekstop yang biasanya tertera di titik tiga pojok kanan atas browser chrome.

    Saat mengunjungi Fanpage ada baiknya ketik saja alamat url Fanpage anda pada kolom url browser anda. Dengan format https://web.facebook.com/nama-fp-anda

    Setelah terbuka silakan ikuti beberapa langkah berikut ini.

    1. Pilih 'Alat Penerbitan'.

    2. Conteng kotak ceklist yang terdapat di sisi kiri 'Kiriman'. Ini akan otomatis menconteng 25 kiriman status.

    3. Pilih 'Tindakan' dan Pilih 'Hapus (25)'. Tunggu proses loading dan setelah itu 25 buah status akan terhapus.

    4. Ulangi langkah 2 dan 3 sampai semua status terhapus.

    Namun dalam beberapa kasus ada kemungkinan setelah melakukan 2x penghapusan akan muncul tulisan seolah semua kiriman sudah terhapus.

    Jika itu terjadi silakan refresh halaman dan ulangi kembali langkah 2 dan 3 sampai anda yakin semuanya sudah terhapus.

    Jika belum yakin juga silakan kunjungi beranda, kalau sudah kosong berarti semuanya sudah sukses terhapus. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.




    Comments



    1. Dulu gue alamin kaya begitu Huu...Setiap akun terkunci langsung buat FB baru. Sampai pada akhirnya gue iseng2 utak-utik semua FB yang terkunci. Dan akhirnya bisa semua.😊😊


      Dan sejak itu FB gue jadi banyak.🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣

      ReplyDelete
      Replies
      1. Haha akun FB nya jadi banyak.

        Jaman dulu mgkn memang susah huu membuka kuncinya beda sama skrg.

        Delete
      2. Pasti itu akun Facebook kang satria sejak zaman kuliah di Majapahit dulu ya kang.🤣

        Delete
    2. Semudah itukah membuka akun Facebook yang terkunci sekarang hu? 🤔

      ReplyDelete
      Replies
      1. Iya hu sebetulnya kita hanya disuruh mengecek saja apakah email dan nomor hp kita berubah atau tidak, atau ada yg menambahkan email dan nope baru tidak, kalau tidak ada perubahan mencurigakan maka dianggap aman tapi tetap wajib disuruh mengganti password.

        Delete
    3. Memang sering di alami sekarang akun medsos itu penting karena juga terkait verifikasi banyak hal misalnya sekarang gugel, facebook, twitter mereka ini sebenarnya bekerja sama saling menguatkan, saling melindungi demi keamanan. Berkonsipirasi dan Kolaborasi he he he

      ReplyDelete
    4. wah sangat bermanfaat, terimakasih atas infonya ya kak :D

      ReplyDelete

    Post a Comment