Skip to main content

Fitur-fitur terbaru Samsung A10 setelah update perangkat lunak

DAFTAR ISIBUKATUTUP
    Apa saja fitur baru Samsung A10 setelah update perangkat lunak?

    Samsung seri A10 terdapat dua jenis yaitu A10 dan A10s. Perbedaannya lumayan jauh baik dari segi perangkas keras maupun lunak, pada intinya A10s jauh lebih bagus dan perbedaan harga keduanya saat itu terpaut sekitar Rp. 150 ribuan.

    Samsung Galaxy A10 pakai android versi berapa? Samsung A10 hadir dengan sistem operasi Android 9.0 (Pie) berbasis antarmuka One UI 3 saat pertama kali rilis. Dengan sistem operasi ini kita bisa menikmati visual yang lebih berwarna serta sejumlah fitur menarik.

    Apakah Samsung A10 dan A10s tahan air? Sayangnya Tidak. Sebab Samsung A10 dan A10s belum dilengkapi dengan sertifikasi tahan air dan debu IP68.

    Apa fungsi pembaruan perangkat lunak pada HP Samsung?
    Pembaruan perangkat lunak biasanya membawa fitur baru dan keamanan lebih untuk perangkat kita. Samsung menyarankan kita agar menjaga perangkat lunak perangkat terkini dan mencadangkan setiap data penting sebelum melakukan upgrade.

    Berhubung disini saya pakai A10 (bukan A10s) jadi postingan ini khusus untuk A10 saja. Sebetulnya semua fitur terbarunya sudah tertulis saat akan update dan bisa dibaca kembali setelah update, diantaranya:

    1. Pembaruan One UI 3.1 (Android 11) dari sebelumnya One UI 2.1 (Android 10)
    2. Desain visual
    3. Peningkatan performa
    4. Kustomisasi lebih nyaman
    5. Peningkatan fitur-fitur
    6. Panggilan dan obrolan
    7. Gambar dan Video
    8. Pengaturan
    9. Keyboard Samsung
    10. Dan banyak lagi.

    Dengan total ukuran unduh-an 1.227.41 MB atau sekitar 1.2 GB-an

    Sebagai awam tak banyak yang dapat saya tuliskan disini, hanya beberapa perbedaan yang paling menonjol saja dari pembaruan/peningkatan ini.

    Android 11, sewaktu masih Android 10 ada beberapa aplikasi yang tidak bisa di unduh di Play Store, setelah upgrade ke Android 11 ini kemungkinan sudah bisa mengunduh app apapun, saya belum mencoba sih, tapi kemungkinan besar bisa lah walau belum dicoba.

    Dari segi fitur baru paling menonjol adalah Keyboard, dari semula simpel kini berubah mirip Google Board (GBoard), dengan tambahan Youtube di Keyboard, fungsinya pilih video populer lalu di share. Selain itu ada juga Bitmoji, Mojitok, Spotify. Dan pengaturan tambahan yaitu Keyboard melayang di mode Landskap

    Selanjutnya Galeri juga mengalami perubahan pada warna background dari semula hitam menjadi putih, menjadi sulit ketika ingin memotong gambar yang juga berwarna putih karena tak bisa melihat garis tepi serta proses merubah nama file kini juga jadi rumit karena tersimpan jauh dikedalaman serta kalau teks melebihi batas maka ekstensi file akan hilang, jadi harus menuliskan .jpg atau .png secara manual, menjadi lambat padahal dulunya tidak begitu. Tapi ini sebuah Aplikasi bawaan yang biasanya jika terdapat sesuatu yang tidak sesuai seperti itu bakal mendapat update tersendiri dari Galaxy Store.

    Terus tap layar 2x untuk mematikan layar, sayangnya tak ada fitur menghidupkannya namun sebagai pasangannya ada fitur lama yaitu sensor yang menggunakan kamera depan, bila terdeteksi pengguna sedang menatap layar maka layar akan hidup terus-menerus. Tapi kata orang di A10s fitur 2x tap menghidupkan layar sudah ada sejak lahir plus sidik jari. Huaa nangis, pelit amat kenapa A10 tidak dikasi juga, hehe.

    Terus ada "Perisai Kenyamanan mata", entah apa itu, saya aktifkan terasa biasa saja, tak ada perubahan apa-apa, hihi.

    Dan intinya hampir semua yang telah ada sedikit banyaknya mengalami perubahan meski juga sepertinya ada beberapa fitur yang ditiadakan, diantaranya fitur menghilangkan poni sepertinya sudah tidak ada lagi.

    Kalau ditanya apa saja fitur barunya? jawabannya sepertinya hampir semua mengalami perubahan hanya saja perubahannya banyak yang tak terlihat, misalnya fitur keamanan dan Operasi Sistem tentu perubahan semacam itu tak kelihatan sedangkan dari fitur yang kelihatan sepertinya hanya berwujud lebih rapi saja dari sebelumnya.

    Tapi kalau ditanya apakah fitur barunya berguna? Mungkin ini menjadi pertanyaan semua orang. Salah satu fitur terbaru misalnya Panel Edge, yaitu sebuah pintasan aplikasi yang muncul disemua tempat. Rasa-rasanya umumnya pengguna sudah terbisa me-tap Beranda lalu memilih Aplikasi. Ketimbang me-tap Panel Edge yang tombolnya tersembunyi dan memunculkan deretan Aplikasi dengan layar sempit. Jika App semacam ini lebih dari satu buah, tidak begitu diperlukan dan tak bisa dihapus pada akhirnya berimbas pada RAM, sekalipun opsional yang bisa diaktifkan atau dinonaktifkan.

    Kesimpulannya, bersyukur banget mendapat pembaruan ini, Thank you so much for Samsung, jadi bisa menikmati OS terbaru dengan ponsel kelas kentang.


    Apa saja fitur baru Samsung A10 setelah update perangkat lunak?

    Upgrade pada samsung A10 kali ini sedikit berbeda dari sebelumnya, biasanya besaran file perangkat lunak yang didownload/diupgrade hanya kisaran 70-120 MB saja sedangkan sekarang di 1 maret 2020 sekitar 1 GB lebih.

    Sepertinya ini bukan perangkat lunak saja melainkan tampaknya ada beberapa aplikasi tambahan yang juga disertakan, diantaranya, App Samsung Pay, Samsung Gift, dll, sebelumnya sih memang ada dan sudah saya hapus tapi muncul lagi setelah upgrade, mungkin itu yang bikin file upgrade jadi besar hingga 1 GB. Dari info yang saya perhatikan saat prosesi upgrade, dari yang sebelumnya total app dalam hp sekitar 199 kini jadi 344'an. Prosesnya juga sedikit lebih lama, biasanya hanya butuh beberapa menit saja buat upgrade, kini lumayan lama sekitar 1/2 jam. Jadi kalau mau upgrade jangan lupa siapin baterai, di ces dulu yang banyak.

    Selain itu, ini yang menarik. Versi one UI dari seingat saya awalnya 1.0 kini naik jadi 2.0 dan Versi Android dari 9 naik menjadi 10. Saya tidak tau apa itu, tapi sepertinya itu sesuatu yang keren, hehe.

    Dan ada beberapa fitur lagi yang baru tapi saya kurang paham, seperti fitur untuk keyboard, emoji dll. dan tampilan juga sedikit berubah, misalnya fitur Privasi biasanya tersimpan jauh di dalam dan kini dikelompokkan tampil di deretan pengaturan bagian luar, kita jadi tau apa saja yang berkaitan dgn privasi. juga tombol on/off power/restart ada di bilah notifikasi. Wallpaper yang sebelumnya di app khusus (online) kini ada di pengaturan (offline) bisa ganti wallpaper meski offline.

    Ya lumayanlah, semoga di upgrade berikutnya bisa ditambah RAM juga sekalian, haha.

    Daftar HP Samsung Galaxy yang tak lagi mendapat update Android di 2023


    Galaxy S10
    Galaxy S10+
    Galaxy S10e
    Galaxy X Cover 4S
    Galaxy A80
    Galaxy A40
    Galaxy A10
    Galaxy A30
    Galaxy A50
    Galaxy Tab A10.1 (2019)
    Galaxy Tab S5e
    Galaksi Tab S6

    Comments

    1. tempat saya enggak ada updatean apa2

      ReplyDelete
      Replies
      1. Coba cek dulu, barangkali pengaturannya harus update pake wifi atau sebaliknya pakai seluler, misalnya kalau lagi pakai jaringan seluler sementara settingnya di set ke 'dunload pakai wifi' biasanya dia gamau.

        Tapi kalau setelah dicek tetap tidak ada berarti memang belum ada 🤣

        Delete
    2. Aku pakai hape sebelah kang, belum dapat update MIUI 12.

      Tapi kalo dipikir-pikir, kadang sudah di update, tidak terlalu kentara perbedaannya. Kayak android 10 dan 11.

      Entahlah, mungkin tunggu suhu satria jelasin fitur baru android 11.😄

      ReplyDelete
      Replies
      1. Sebetulnya banyak perbedaannya mas, sudah dijelaskan Samsung terperinci di halaman yang bisa dibaca di "Pengaturan > Update..".

        Tapi ya gitu deh saya, saya maunya dia bikin Update dari misalnya A10 menjadi A80 🤣🤣

        Iya mari tunggu suhu Satria selaku vendor 😛😛

        Delete

    Post a Comment