Skip to main content

Daftar Aplikasi yang wajib ada di HP Android

DAFTAR ISIBUKATUTUP
    Daftar Aplikasi yang wajib ada di HP Android

    Bicara soal aplikasi paling berguna yang wajib ada di HP Android kita tentu disesuaikan juga dengan preferensi kecenderungan minat kita lebih ke arah mana yang paling menonjol.

    Misalnya, saya lebih condong hobi ngeblog, maka saya menginstall aplikasi X-Plore di smartphone saya, dengan aplikasi ini saya merasa lebih mudah merancang tulisan yang akan di publish, demikian juga untuk ngoding, misalnya ingin mengutak-atik template blog juga menggunakan aplikasi X-Plore ini.

    Bagi sebagian orang yang tidak membutuhkan aplikasi ini atau memiliki kecenderungan hobi lain tentu aplikasi ini tidak akan banyak berguna baginya, jadi sudah pahamkan maksud dari Aplikasi apa saja yang harus ada di Android kita.

    Namun secara umum memang ada beberapa aplikasi yang wajib ada dan sangat berguna bagi kita, aplikasi apa sajakah itu? Sebelumnya mari kita bahas sedikit fungsi dan jenis-jenis aplikasi.

    Apa fungsi dari aplikasi Android?
    Seperti sistem operasi pada umumnya, Android berfungsi untuk: Mengelola sumber daya perangkat, seperti memory dan disk space. Mengeksekusi aplikasi dan software.

    Jenis-jenis Aplikasi:
    Aplikasi desktop, yaitu aplikasi yang hanya dijalankan di perangkat PC komputer atau laptop.
    Aplikasi web, yaitu aplikasi yang dijalankan menggunakan komputer dan koneksi internet.
    Aplikasi mobile, yaitu aplikasi yang dijalankan di perangkat mobile seperti smartphone dan tablet.

    Selain itu, ada banyak sekali berbagai pilihan aplikasi tersedia di PlayStore yang terbagi ke dalam beberapa jenis kategori yang dapat dilihat disana dan dapat di download sesuai sistem operasi perangkat Android milik kita.

    Berikut daftar aplikasi yang wajib ada di smartphone


    1. Browser

    Browser seperti Chrome, Opera, dll, tentu sangat berguna untuk di install pada hp kita, meskipun terdapat juga browser bawaan namun biasanya tidak sekomplit fitur dari pihak ketiga seperti Chrome dll, meskipun mungkin kita jarang atau bahkan tidak pernah sama sekali untuk browsing seperti membaca berita, atau mendownload file di internet, ia akan tetap berguna sebab sebagian besar Aplikasi yang menyertakan tautan biasanya ketika di klik akan di arahkan ke browser, misalnya untuk verifikasi kode OTP, atau tautan dalam aplikasi Facebook, semuanya memerlukan browser, dan apa jadinya jika tidak ada browser di smartphone kita, tentu proses membuka tautan akan sulit.

    2. Store

    Aplikasi store seperti Play Store maupun Apps Store bawaan dari merek hp kita, dengan adanya Play Store misalnya kita akan mudah untuk mendownload Aplikasi Android dan akan mendapat pemberitahuan ketika memerlukan update pada aplikasi favorit kita, dan lebih jauh tidak sekedar itu tapi juga membantu proses memproteksi semua aplikasi yang ada pada smartphone kita agar selalu aman.

    3. Pesan, Call, dan Kontak

    Aplikasi perpesanan bawaan hp juga tidak kalah berguna dan wajib ada, sekalipun kita tidak pernah lagi menggunakannya untuk sms dan cenderung menggunakan chat misalnya WhatSapp tapi App Pesan dalam beberapa hal penting tetap berguna. Misalnya untuk memverifikasi Gmail kita, dll. Pernah gak mengalami verifikasi Gmail melalui WA, mana ada, umumnya melalui sms.

    4. Jam, Kalender, Kamera, Galeri

    Tak perlu disebutkan lagi apa kegunaanya, semuanya sangat berguna dan pemanfaatannya saling berkaitan satu sama lain, jadi jangan di hapus guys.

    5. WhatsApp

    Meskipun sudah ada aplikasi bawaan seperti: Pesan, Call, dan Kontak, tapi WA juga tidak kalah berguna, cukup dengan paket data kita bisa chat, calling, video call, dll, tidak memerlukan biaya pulsa seperti halnya sms.

    6. App Kartu SIM

    Aplikasi ini cukup penting untuk mempermudah dalam misalnya pengisian pulsa atau pengaturan operasi kartu sim ponsel kita.

    7. Al-Quran

    Bagi kita umat muslim App Al-Quran dapat menjadi alternatif jika kita lupa atau belum punya Al-Quran fisik.

    8. Email

    Hampir semua hal membutuhkan email, dengan meinstall aplikasi email dapat mempermudah urusan kita dalam menerima atau mengirim pesan melalui email.

    9. Editor foto

    Semua pengguna hp tentu tidak lepas dari berurusan dengan gambar, entah itu harus memotongnya, merubah size kb-nya dan sebagainya, atau menambahkan teks ke gambar.

    10. App pilihan kita

    Seperti yang sudah kita ungkapkan sebelumnya, app yang wajib ada pada hp kita tentu disesuaikan dengan kebutuhan kita, misalnya kita suka mengedit foto, maka carilah aplikasi editor foto terbaik di PlayStore.

    Selain itu, berlaku juga kebalikannya, jika memang ada aplikasi yang kurang bermanfaat dan tidak digunakan dalam waktu lama, atau kegunaannya tidak terlalu penting, maka sebaiknya dihapus saja.

    Berikut contoh aplikasi yang kurang begitu penting di smartphone


    1. Anti virus

    Rata-rata hp jaman sekarang sudah dibekali "Anti virus" bawaan yang bekerja menjaga keamanan hp kita, jadi saya rasa tidak perlu menginstall aplikasi tambahan, seperti aplikasi penghapus sampah, atau aplikasi mempercepat ponsel, dst.. Jika kita sudah memiliki App Play Store misalnya, saya rasa itu sudah cukup sebagai benteng hp kita karena memiliki fitur proteksi setiap saat.

    Untuk sementara cukup sekian dulu nanti kita tambahi lagi kalau ingat sesuatu, atau barangkali pembaca ingin menambahkan, silakan sampaikan di kolom komentar.

    Comments

    1. Kirain aplikasi wajib untuk hape android itu onl*fans hu.😂

      Kalo browser, app store, dll bukannya sudah ada dari Sononya hu?

      ReplyDelete
      Replies
      1. Ya tergantung, kalau hobinya memang itu maka bakal wajib, hehe..

        Iya mas sudah ada dari sononya makanya wajib, kalau misalnya dari sononya ga ada itu berarti ga terlalu penting 😅😅

        Delete
    2. Kalo baca aplikasi X-plore jadi ingat saat pakai hape Symbian. Itu dulu aplikasi wajib karena bisa untuk edit daleman aplikasi, buat edit server Opera mini.😁

      ReplyDelete
      Replies
      1. Kalau menulis posting online itu kan pakai sinyal mas, menulis sehuruf aja, atau menghapus satu huruf, harus loading, masalahnya sinyalku ga terlalu kuat, jadi aku offline aja menulis pakai XPlore, klo sdh selesai baru deh ku salin ke blog.

        Klo aku bukan ngedit server opera mini, tapi buat mengganti logo opmin menjadi huruf J, haha..

        Delete
    3. Bener banget, aplikasi² ini memang wajib ada di ponsel karena kebutuhan pemakaiannya juga tinggi. Tp aku gak instal apk al-qur'an ehehehe....
      Yg lainnya ada semua krna kepake semua sama aku, kcuali anti virus

      ReplyDelete
      Replies
      1. Sebaiknya instal Kez app Quran biar hantu menjauh dari hp 🤣

        Delete
      2. Kwkwkw biar gak menggoda buat sosmedan mulu yak🤣

        Delete
    4. Saya baru tahu tentang aplikasi X-Plore mas...nant saya cuba juga

      ReplyDelete
      Replies
      1. Iya silakan cuba pak barangkali suka 🙏

        Delete
    5. Di rekomendasikan install aplikasi Only fans for android, biar ngga spaneng terus.🤣

      ReplyDelete
      Replies
      1. Cukup pakai proxy online aja mas 🤣

        Delete
    6. Nah, aku baru tahu soal X-plore nih, menarik juga ya. Tapi sebenarnya ngeblog di HP buatku masih agak kurang nyaman. Mata juga cepat lelah. Selama ini buat draft tulisan aja di notes kalau lagi ada ide, nanti tinggal dicopas waktu ngeblog di laptop hihi, agak ribet yes, tapi lebih nyaman buatku :P

      ReplyDelete

    Post a Comment