Skip to main content

Kumpulan alat berguna untuk editor media online

DAFTAR ISIBUKATUTUP

    Alat hapus latar belakang gambar (Online)


    Mungkin sudah banyak Aplikasi Android untuk hapus latar belakang gambar yang dapat dilakukan secara online maupun offline namun tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

    Ada beberapa bagian penting pada gambar atau warna samar-samar yang misalnya ikut terhapus dan menjadi transparan, dll. Pada intinya terkesan kurang rapi meskipun katanya sudah memakai teknologi AI/UI tapi tergantung kualitas gambar yang diunggah juga mungkin.

    Ada yang otomatis, ada juga yang manual, ada juga yang mengombinasikan keduanya yaitu menghapus latar belakang secara otomatis kemudian merapikannya secara manual.

    Ada yang memiliki fitur ini berbayar (yang harus membayar untuk menggunakannya) dan banyak juga yang gratis. Pada dasarnya sama saja meskipun gratis tapi terkadang kualitasnya tidak kalah dengan yang berbayar.

    Bisa dibilang tak ada yang benar-benar sempurna untuk sekelas ponsel, setidaknya untuk saat ini, kecuali mungkin menggunakan desktop.

    Jadi untuk hasil yang mendekati sempurna, kita harus mencoba beberapa Aplikasi yang proses penghapusan latar belakangnya paling sesuai dengan selera kita, dengan kata lain untuk pengguna Smartphone setidaknya memiliki dua koleksi alternatif yang dapat jadi pilihan.

    Berhubung saya jarang menghapus background gambar jadi tidak menyimpan aplikasinya di hp, hitung-hitung menghemat RAM ponsel dan kalau membutuhkan saya memilih menggunakan yang online melalui situs dan browser.

    Salah satu rekomendasi saya melalui online adalah situs https://www.remove.bg

    Hasilnya lumayan bagus dan detail dengan kuliatas tinggi, kekurangannya mungkin cuma satu yaitu ketika warna samar-samar atau ada kesamaan warna misalnya background gambar dominan berwarna hitam sementara topinya juga sama persis bewarna hitam maka topinya akan ikut menjadi transparan. Tapi umumnya semua alat jenis ini memang seperti itu kan?

    Untuk menggunakan melalui online ini sama mudahnya dengan menggunakan aplikasi, unggah gambar dari gallery ponsel dan tunggu beberapa detik lalu otomatis menjadi transparan.

    Alat hapus latar belakang gambar (Online)

    Tidak perlu kuatir gambar yang kita upload akan disimpan oleh situs tersebut, insyaAllah tidak! mereka pasti takutlah kalau-kalau ada yang mendemo. Umumnya mereka otomatis akan menghapus semuanya dalam setiap 24 jam, lagipula walau dari aplikasi sekalipun kalau mereka berniat mengambil gambar yang diupload, kita tidak akan pernah tau dan kita bisa apa selain ikhlas. Tapi kalau ragu ya jangan, gunakan untuk gambar-gambar aman saja seperti logo, gambar untuk dibuat stiker, dll. Jangan gambar yang bersama selingkuhan hihi.



    Alat pengunduh video dari berbagai Sosmed


    Sebuah Alat yang sudah ada sejak lama, bisa dikatakan legenda nenek moyangnya unduh mengunduh yaitu Pengunduh video dan musik secara gratis dari berbagai Platform sosial media yang ada di internet seperti video dari Youtube, Facebook, Instagram, Twitter, Tiktok dan banyak lagi yang dapat diunduh dengan menggunakan alat situs online ini.

    Seperti yang kita ketahui rata-rata platform sosial media tidak menyediakan fitur unduh file secara langsung dari sosmed tersebut terutama ketika menggunakannya melalui Aplikasi kecuali menggunakan browser atau perantara alat dari media lain. Saya tidak tahu alasannya tapi sepertinya itu dilakukan oleh pihak platform untuk melindungi berkas milik penggunanya.

    Disisi lain maraknya berbagi yang dilakukan netizen antar sosmed yang membagikan ulang file dari satu media ke media lain atau sekedar mengoleksinya untuk dilihat secara offline dari gallery ponsel menjadi dipermudah dengan bantuan alat pengunduh online ini.

    Meskipun mungkin pihak platform sebagiannya ada menyediakan fitur semacam ini seperti misalnya Aplikasi Youtube Go milik Google untuk mengunduh dengan mudah video dan lagu dari Youtube menggunakan Aplikasi resminya ataupun Tiktok yang juga dapat diunduh langsung hanya saja dengan alasan tertentu pengguna biasanya memiliki kebiasaan lain yang misalnya mengedit video terlebih dulu dan menambahinya caption-caption lucu yang menjadikannya semakin menarik dan menghibur sebelum akhirnya diunggah ulang keberbagai sosmed favorit. Apapun alasan dan tujuannya tergantung pengguna/netizen masing-masing.

    Namun biasanya alat pengunduh online dari penyedia lain semacam ini memiliki kelebihan daripada penyedia pihak resminya. Misalnya Aplikasi SaveIt yang diposting sebelumnya di blog ini yang memiliki kelebihan bisa menghilangkan Watermark pada video, atau UCweb Turbo yang juga memiliki alat pengunduh yang lebih hemat, video yang di tonton streaming dari browser ini setelah selesai menonton videonya dapat langsung disimpan tanpa proses download lagi, dan banyak lagi jenis Aplikasi pengunduh online lainnya yang belum saya coba.

    Namun kalau hanya untuk mendownload video dari berbagai Sosmed mungkin alat pengunduh online berikut ini lumayan komplit yaitu https://id.savefrom.net/7/

    Alat pengunduh video dari berbagai Sosmed

    Cukup masukan alamat/url halaman dari video yang akan di-unduh atau klik nama flatform dari file yang akan diunduh tersebut untuk membaca panduan cara penggunaannya. Misal ingin download video dari Facebook maka klik lah icon facebook yang ada disana lalu baca panduannya.

    Kekurangannya saat proses mengunduh biasanya akan dialihkan ke iklan atau halaman blank/kosong tapi cukup klik ikon mundur/back pada browser maka akan otomatis memproses pengunduhan. Serta sepertinya hanya mendukung dapat digunakan di browser Chrome saja.

    Sebetulnya situs tersebut menyediakan Aplikasi khusus yang dapat di install di Smartphone, yang menurutnya lebih mudah digunakan dan mungkin tanpa gangguan iklan seperti halnya menggunakannya secara online disitus. Hanya saja saya belum pernah mencoba karena sifatnya pihak ketiga alias tidak ada di PlayStore, lagipula saya jarang mendownload video hihi.

    Pada akhirnya seperti saya bilang diatas saya hanya menggunakannya sesekali saja saat membutuhkan, daripada sibuk searching di google setiap akan menggunakannya lebih baik saya posting disini saja, sementara kalau dibookmark di browser terkadang bingung mencarinya diantara bookmark lainnya, demikian semoga bermanfaat juga buat pembaca.

    Atau barangkali sobat pembaca/pengunjung punya koleksi alat andalan sejenis itu boleh juga silakan dishare di kolom komentar, demikian terimakasih!.

    Tambahan Alternatif.


    Cara Download Video FB:

    Copy link video dari FB yang akan diunduh.

    Buka link tersebut melalui browser Chrome atau Operamini. Kemudian link tersebut
    ditambahi; mbasic.

    Contoh; https://facebook.com/story.php?storyfbid=5575045045858900&id=100000603789047

    Link di atas kemudian ditambahi;
    https://mbasic.facebook.com/story.php?story_fbid=5575045045858900&id=100000603789047

    Salin dan paste ke adress bar browser dan klik link untuk mendownload.



    Cara konversi video Youtube ke Mp3 secara online dan bisa di import


    Salah satu website pengunduhan MP3 gratis yang memungkinkan Anda untuk mengonversi video YouTube ke MP3 secara online langsung di internet adalah Y2mate. Anda dapat mengunduh seluruh lagu-lagu MP3 dengan gratis dan mendukung pengunduhan seluruh format seperti: MP3 (Mp3 128kbps, 320kbps, 64kbps, 96kbps, 192kbps, 256 kbps), AAC, MP4, M4V, 3GP, WMV, WMA, FLV, MO, WEBM, dan lain-lain.

    Mendukung semua jenis perangkat. Sangat mudah untuk dapat mengonversi video YouTube ke berkas MP3 tanpa memandang apakah Anda menggunakan Windows, Mac atau Linux, Android, iPhone dan Symbian.

    Mengonversi secara mudah, Anda tidak perlu mendaftar akun. Cukup Masukkan URL video yang Anda ingin konversi & unduh. Pilih format, kemudian klik "Download" untuk memulai proses konversi.

    Cara mengonversi video YouTube ke MP3?
    1. Kunjungi situs https://y2mate.com/id/youtube-to-mp3
    2. Masukkan judul video atau URL video YouTube dalam kotak pencarian. Contoh url video Youtube: https://m.youtube.com/watch?v=vpj6Kjkt-Pg
    3. Pilih format MP3 atau Video yang Anda mau konversi/unduh dan klik tombol "Download".
    4. Tunggu hingga konversi selesai dan unduh berkas.

    Url dapat di salin untuk di Import ke Wapka atau Xtgem atau kirim ke Google Drive.

    Kekurangannya, metadata atau info di dalam lagu seperti judul, nama penyanyi dan cover, itu tidak ada dan sepertinya harus di tambahkan sendiri setelah terdownload.

    Bagi teman-teman situs grabing atau hanya ingin membuat tautan langsung atau link download bisa juga memasukkan "pp" setelah kata "youtube" menjadi "youtubepp". Contoh: https://m.youtubepp.com/watch?v=vpj6Kjkt-Pg




    Comments

    1. Cuma untuk hapus latar belakang saja ya situs remove.bg, apa tidak bisa untuk hapus hutang di warung hu.😂

      ReplyDelete
      Replies
      1. Kalau hapus hutang di warung tinggal beli tipe x, mas.. hihihi

        Delete
      2. Nah tuh pakai Tipe-x kata suhu 🤣

        Delete

    2. Tergantung gambar yang di-upload kalau gambarnya bagus dan punya nilai jual tinggi bisa disimpan sama situsnya..hihihi

      ReplyDelete
      Replies
      1. Iya bisa jadi, tapi saya belum pernah dengar sih ada kejadian begitu 😅😅

        Delete
      2. Biar pernah dengar coba upload gambar yang bagus dan bernilai jual tinggi tapi jangan tanya saya contoh gambarnya yang seperti apa, kang

        Delete
      3. Nanti dicoba pilih2 dulu dari gambar punya orang yang berkualitas HD 🤣

        Delete
      4. Wkwkwk..bisa-bisa gambar punya mas Satria atau kang Ledy yang bakalan jadi kelinci.. wkwkwk

        Delete
      5. 🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣

        Delete
      6. Paling yg untung tempat uploadnya, kita ga dapat apa2 hihi

        Delete


    3. Pernah make gw Huu Aplikasi Remove Bayground secara Online yang ente jelaskan diatas...Bisa dikatakan 90% akurat.😊😊

      Ketimbang harus download aplikasi yang ada diplaystore mending pake Remove Bayground kalau memang lagi dibutuhkan saja. Jadi nggak terlalu nguras memori hp kita...Maklum ram Hp gw cuma 256 soalnya Huuu..😁😁😁

      ReplyDelete
      Replies
      1. Gede banget RAM-nya sampai 256 itu hp apa, mas?

        HP saya RAM-nya cuma 2

        Delete
      2. 256 GB apa MB? 🤣
        Kalau Ram gue sisa 300an MB 🤣

        Delete
      3. Yg Gimana lagi tuh Ram-nya cuma 2 🤣

        Delete
      4. Bentuk HP-nya sama kayak HP yang lain.. wkwkwk

        Delete
      5. Mungkin 2 TB kali yee Huuu..

        Delete
      6. 🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣

        Delete
      7. Gede amat ram nya 256 GB, ram saya cuma 3 GB doang.😂

        Delete
      8. Maksudnya 2 5 6 GB-an lah, gitu mas 🤣🤣

        Delete

    Post a Comment