Skip to main content

Beberapa fitur pada blogger yang mungkin belum anda ketahui

DAFTAR ISIBUKATUTUP
    Beberapa fitur pada blogger yang mungkin belum anda ketahui

    Cara mengetahui ID blog sendiri di Blogger


    Ada beberapa kegunaan Mengetahui ID Blog Sendiri di Blogger, diantaranya untuk Membuat Tombol Follow di Blog.

    Sebetulnya cara mengetahuinya mudah yaitu begitu masuk halaman utama Blogger (setelah login) ID blog akan langsung terlihat di Address Bar browser, seperti gambar dibawah ini.

    Cara mengetahui ID blog sendiri di Blogger

    Contoh url ID blog akan seperti ini;
    https://www.blogger.com/blog/posts/5475671179181784253

    Salin saja ID-nya yang berupa angka ini "5475671179181784253", itulah ID-nya.

    Dari Browser Smartphone cara menyalin url dalam Adress Bar tersebut caranya cukup tap saja 2x lalu akan muncul tulisan "salin", dan tap tulisan 'salin' itu maka akan tersalin otomatis ke Clipboard Smartphone kita.



    Cara tambahkan update postingan blog lain di daftar bacaan blogger


    Hanya menyampaikan sesuatu yang baru saya ketahui barangkali belum diketahui juga oleh pengguna Blogger yaitu selain bisa menambahkan Blog dari sesama pengguna Blogger kita juga bisa menambahkan Blog dari Platform Blogging lainnya semisal Wordpress, atau Wix juga mungkin bisa, dll, pada Daftar bacaan Blogger.

    Untuk caranya sama saja:

    1. Di Blogger.
    2. Pilih Daftar Bacaan.
    3. Kelola.
    4. Tambahkan alamat blog untuk diikuti.

    Cara Tambahkan Update Postingan Blog Lain Di Daftar Bacaan Blogger

    5. Selesai.

    Jadi semisal kita menyukai blog diluar sana selain dari Blogger kita bisa menyimpannya di Daftar bacaan ini, saya punya satu blog gratis di Wordpress setelah sekian tahun lupa alamatnya, cari-cari lalu ketemu dan saya simpan/follow di Daftar bacaan biar gak lupa lagi punya blog lain, jadi ini berfungsi semacam bookmark juga mungkin.



    Fungsi fitur "Beritahu saya" pada sisi kotak komentar


    Fungsi fitur "Beritahu saya" pada sisi kotak komentar

    Beritahu saya atau Notify me merupakan fitur pemberitahuan balasan komentar apabila berkomentar dengan menconteng kotak kecil tersebut setiap notifikasi yang khusus terkait komentar itu saja akan dikirim ke email kita.

    Menarik kan? Terlebih bila kita punya Aplikasi Email yang sudah terinstal di Smartphone, setiap ada balasan komentar app mail kita akan berbunyi memberi tahu layaknya sosial media seperti Facebook.

    Barangkali misalnya balasannya mengganggu hal ini juga bisa di unsubscribe atau berhenti berlangganan. Fitur unsubscribe ini biasanya ada dibawah setiap email, klik saja itu jika ingin berhenti.

    Bagaimana dengan anda apakah setiap berkomentar di blog selalu menconteng itu?



    Cara gabungkan semua akun blog dalam satu profil dan email


    Terkadang tanpa sengaja kita memiliki beberapa buah Blog dengan akun email berbeda-beda. Dan mungkin bakal kerepotan mengelolanya karena harus keluar masuk berganti-ganti email.

    Selain itu, ada "kerugian" tersendiri saat berkomentar di blog lain jika berkomentar dengan akun email berbeda-beda, kesempatan untuk mempromosikan semua blog jadi terlewatkan, kecuali memang menghendakinya seperti itu maka silakan.

    Cara gabungkan semua akun blog dalam satu profil dan email

    Tapi ada baiknya fokus dengan satu email dan satu profile blog saja ketika berkomentar di blog lain agar semua blog dalam profile tersebut secara tidak langsung ikut terpromosikan.

    Baiklah bagi yang belum tau dan ingin tau caranya, berikut langkah-langkah menggabungkan semua blog dalam satu akun profile:

    1. Tentukan profile akun blog mana yang akan jadi andalan utama. Misal Blog A.

    Cara gabungkan semua akun blog dalam satu profil dan email

    2. Selanjutnya di blog lainnya, Misal di Blog B lalu masuk ke Setelannya > Pilih 'Undang lebih banyak Penulis', dan masukkan email dari akun Blog A tadi dan klik Kirim.

    Kondisinya, Blog B mengirim email undangan ke email Blog A.

    Terus, buka email dari Blog B dan klik "Terima undangan".

    Cara gabungkan semua akun blog dalam satu profil dan email

    PENTING, sebelum klik "Terima undangan" ada baiknya keluar/logout terlebih dulu dari email Blog A. Saat klik "Terima undangan" di email Blog B biasanya akan dialihkan ke browser. Jadi pastikan browser yang kita gunakan sudah keluar dari email Blog A dan pastikan juga browser tersebut telah login ke email dari akun Blog B.

    Jika tidak begitu maka sama saja seperti kamu yang mengirim undangan dan kamu pula yang menerima undangan yang kamu kirim tersebut dan itu akan menimbulkan error yang fatal. Dan bisa-bisa dianggap penyusup oleh Google dan Blogger.

    Selain dianggap penyusup, Dugaan lainnya saya rasa ini salah satu penyebab mengapa ketika berkomentar di blog bakal muncul captcha dan emoticon menjadi mirip tanda tanya (?) sebab dari login dengan email berbeda-beda, sebab dari sinkronisasi masuk/keluar di latar belakang yang kurang sempurna alias belum tuntas.

    Namun lain cerita jika menggunakan browser berbeda, Misal Blog A login dengan email Browser A dan Blog B login dengan email Browser B, kalau begini tidak masalah. Dan akan tetap error jika Browser A dan B pernah login dengan kedua akun email tersebut. Harus pasti dan yakin satu browser hanya login ke satu email saja.

    Pakai Browser Chrome lebih mudah, di browser tinggal tap keluar dan masuk dengan akun lain. Ini akan menjadi cepat jika email yang di butuhkan semuanya sudah standbye login di Pengaturan Ponsel kita, kalau tidak ya bakal lama loginnya.

    Baiklah, anggap saja browser yang kita gunakan sudah keluar dari email Blog A dan juga browser tersebut telah login ke email dari akun Blog B.

    Klik "Terima undangan" dari email dan akan diarahkan ke Blogger dan biasanya akan dimintai konfirmasi sekali lagi di Blogger untuk klik "Terima".

    3. Jika berhasil, setelah itu Blog B akan otomatis muncul di akun Blog A, namun kuasa Blog A terhadap Blog B hanya sebatas Penulis. Agar Blog A punya kuasa penuh atas Blog B, maka Blog B perlu menaikan jabatan Blog A menjadi Admin. Dengan cara masuk ke Blog B, Setelan > Pilih 'Admin dan penulis blog' > lalu pilih jadikan Admin.

    Cara gabungkan semua akun blog dalam satu profil dan email

    4. Ulangi dari langkah ke-2 untuk menambahkan email dari blog lain sebanyak yang kita mau hingga semuanya bergabung ke dalam akun Blog A.

    Bergabung dalam Blog A artinya Blog B dapat juga muncul di profil Blog A. Jika Blog B tidak muncul di profil Blog A maka tinggal sunting saja profilnya dan conteng Blog B untuk ditampilkan dan Simpan.

    5. Kita bisa menghapus Penulis yang diundang tadi kapan saja. Dengan cara masuk ke Blog B, Setelan > Pilih 'Admin dan penulis blog' > lalu klik ikon tanda silang di ujung akun > simpan. Selesai.

    Terlihat rumit ketika membaca langkah demi langkah, tapi pada prakteknya jika sudah hapal caranya paling sekitar satu menit langsung beres.

    CATATAN 1: Berhati-hati jika ingin menambahkan orang asing yang tidak begitu di kenal, karena bisa saja ia mengambil alih blog kita jika jabatan dia adalah admin, karena admin bisa menghapus admin lainnya.

    CATATAN 2: Jika salah satu blog yang digabungkan telah memasang iklan Adsense ada baiknya lebih selektif ketika menggabungkannya, pastikan blog dan email dari blog yang digabungkan semuanya dalam kondisi sehat tidak melanggar peraturan apapun. Jika tidak, dugaan saya blog sakit itu akan menjangkiti blog yang sehat.



    Cara menambahkan link ke "Perkenalkan diri Anda" di profil Blogger


    Seperti kita ketahui di halaman profil Blogger kita dapat menambahkan semua blog untuk ditampilkan.

    Misal dalam satu akun Blogger dengan email tertentu kita memiliki beberapa blog dan kita bisa menampilkan semua link blog tersebut dalam satu profil (atau bisa juga menampilkan yang ingin ditampilkan saja).

    Kita juga bisa menambahkan link dari luar untuk ditampilkan bersama profil. Link apapun dari luar yang ditambahkan biasanya muncul di profil dengan nama link "Halaman webku".

    Link dari luar misalnya: alamat link blog Wordpress kita, link FP Facebook kita, dll. Tapi sayangnya hanya diperbolehkan satu buah link saja, tidak boleh ditambahkan dua-duanya.

    Kita sama-sama sudah mengetahui itu dan mungkin sudah paham diluar kepala, tapi tahukah agan? rupanya kita juga bisa menambahkan link ke "Perkenalkan Diri Anda". Saya jujur saja, baru mengetahui ini setalah melihat pengguna lain melakukannya.

    Diantara sekitar 20 pengguna sesama Blogger yang profilnya saya kunjungi, hanya satu orang yang menerapkan ini, yaitu Bang Day, mari kasi tepuk tangan meriah untuk Bang Day, beliaulah pelopornya hehe.

    Karena hanya Bang Day yang pertama saya temui melakukan ini jadi saya berasumsi hal ini belum populer alias belum banyak yang mengetahuinya, jadi saya berinisiatif menuliskan ini barangkali berguna.
     
    Cara Menambahkan Link ke "Perkenalkan Diri Anda" di Profil Blogger

    Setelah melihat Bang Day melakukan itu saya pun mencoba memasukkan link kedalam kotak "Perkenalkan Diri Anda" dan berhasil. Link yang ditambahkan disana dapat menjadi link aktif. Bisik-bisik (Bisa nih jadi alternatif mendapatkan backlink dofollow dari Blogger wkwk)

    1. Kunjungi profil.
    2. Edit profil.
    3. Tambahkan link kedalam kotak "Perkenalkan Diri Anda".

    Caranya agar link yang ditambahkan ke kotak menjadi aktif kita harus menambahkannya dalam bentuk html.

    Misal <a href="isi-dengan-alamat-apapun-disini">nama link disini</a>

    4. Simpan pengaturan profil dan selesai.

    Kita bisa menambahkan link sebanyak yang kita mau disana. Demikian semoga bermanfaat!



    Cara mencari tau email mana yang kita pakai pada suatu blog di Blogger


    Saya habis jalan-jalan ke Komunitas Blogger ingin bertanya sesuatu disana tapi karena pertanyaan saya sudah terwakilkan jadi saya tidak ikut mengajukan pertanyaan, cukup menunggu jawaban atas pertanyaan orang lain saja hehe.

    Alamat Komunitas Blogger:
    https://support.google.com/blogger/community?hl=id

    Jadi di Komunitas itu ada satu pertanyaan yang ikut saya jawab dan saya pikir lumayan nih buat diposting, buat nambah-nambahi postingan hehe.

    Pertanyaanya adalah "Lupa Email atas Blog".

    Terus ada yang menjawab: "emang ada berapa banyak emailmu sampai lupa?"

    hehe.. kelamaan vakum mungkin jadi sampai lupa email..

    Kebetulan itu pertanyaan yang baru diajukan jadi baru satu orang yang menjawab dan saya belum tau apa jawaban finalnya.

    Kalau dipikir-pikir satu-satunya tempat menyimpan email yang dipakai buat masuk ke blog tempatnya cuma satu yaitu di Profil Blogger kita, dan jawaban saya disana adalah:

    "Coba klik profil penulis di blog barangkali ada fitur kirim email tercantum di profile.
    Jika ada, tap agak lama pada link kirim email itu dan salin urlnya. Di url itu akan terlihat ada alamat email."

    Namun mungkin dalam kondisi tertentu nama profile tidak diaktifkan atau tidak bisa di klik sehingga tidak bisa melihat ke profile, kalau dalam kondisi begini kebangetan banget alias apes, tapi mungkin kita bisa mencari bekas komentar di blog sendiri atau di blog orang lain dan bisa me-klik Nick kita untuk menuju ke profile tapi kalau tidak pernah berkomentar, Wah makin parah lagi, haha. Jalan terakhir mungkin perlu Source_Code untuk mengintip ID blognya dan merangkainya menjadi format url profil, kita bisa mengintip format url dari profil orang lain untuk menyamakan format url-nya.

    Kita anggap bisa melihat profil dan langkah selanjutnya adalah tap agak lama pada link email itu dan salin urlnya. Di url itu akan terlihat ada alamat email. Seperti di gambar berikut. Itu ada link Email.

    Cara mencari tau email mana yang kita pakai pada suatu blog di Blogger

    Tapi dalam kondisi lain jika email tidak ditampilkan pada pengaturan profil maka link email disana tidak akan muncul. Itu lebih apes lagi dan perlu mandi kembang tujuh rupa biar apesnya hilang hehe.

    Cara mencari tau email mana yang kita pakai pada suatu blog di Blogger

    Tak ada yang dapat dilakukan lagi kalau kondisinya begitu, tinggal minta bantuan Blogger saja.

    Kita tidak tau.. bisa vakum kapan saja dari blog dan meninggalkannya hingga lupa dan saat kembali jadi bingung.

    Kalau saya semua email saya semuanya sudah terpasang/tersinkron dalam hape dan semua password beserta alamat emailnya tersimpan di Google Password, jadi sewaktu-waktu seumpama terjadi sesuatu sama hape atau ganti hape saya masih bisa mengakses semua email yang saya punya melalui Penyimpanan Sandi tapi tetap setidaknya mengingat satu alamat email beserta passwordnya (terutama email induk) agar dapat mengakses email lainnya.



    Cara menampilkan postingan lama ke bagian atas tanpa mengubah tahun di Blogger


    Cara menampilkan postingan lama ke bagian atas tanpa mengubah tahun di Blogger

    Terkadang kita ingin menampilkan postingan lama atau yang telah lalu kebagian atas dihalaman homepage, layaknya postingan terbaru diurutan pertama, tanpa repost dan tanpa mengedit mengubah tanggal/bulan/tahun.

    Caranya sederhana yaitu dengan memanfaatkan fitur Gadget Featured Post atau disebut juga Fitur unggulan.

    1. Masuk ke halaman Tata Letak.

    2. Pilih Gadget Featured Post, jika tidak ada fitur tersebut maka harus ditambahkan dulu. Nah ini agak rumit, karena kita akan menampilkan ini dihalaman utama alias homepage maka Featured Posts ini seharusnya ditempatkan diatas Gadget Blog. Masalahnya setiap Template memiliki susunan berbeda-beda. Jika diatas Gadget Blog tidak ada menu "Tambahkan Gadet" maka tidak bisa menambahkan Gadget, untuk itu harus dibuat terlebih dahulu. Dengan cara masuk ke halaman Tema (pada tampilan mobile) lalu tap panah kebawah lalu pilih "Edit HTML" untuk mengedit Template, lalu dihalaman Edit HTML/Edit Template ini tap titik tiga dipojok kanan atas dan pilih 'Melompat ke Gadget Blog' lalu edit kodenya pada bagian showaddelement='false', ubah false menjadi true lalu tap titik tiga dipojok kanan atas dan pilih "Simpan" untuk menyimpan hasil editan. Dengan begini menu "Tambahkan Gadget" akan muncul diatas Gadget Blog pada halaman Tata Letak.

    3. Untuk melihat hasil edit di langkah ke-2 diatas silakan ke halaman Tata Letak jika sudah muncul menu Tambahkan Gadget, langsung saja pilih "Tambahkan Gadget", karena banyak daftar Gadget lain disana sekitar 25 Gadged maka carilah dan kalau sudah ketemu lalu Pilihlah tanda Plus [+] untuk Tambahkan Gadget Featured Post.

    4. Jika memilih menggunakan Tema bernama Contempo dan Notable maka tidak perlu repot melakukan langkah nomor 2 diatas karena pada kedua nama Tema tersebut Fitur Featured Post sudah atomatis terpasang.

    5. Anggap saja Featured Post sudah terpasang dan langkah selanjutnya Masih dihalaman Tata Letak pada Gadget Featured Post yang sudah ditambahkan tadi lalu tap icon pensil untuk mengatur konfigurasi dan conteng 'Pilih Entri unggulan', karena ada dua pilihan mau menampilkan "Gunakan postingan yang terakhir dipublikasikan" atau "Pilih Entri unggulan", jadi pilihlah entri unggulan lalu pilih judul posting yang ingin ditampilkan. Jika judul posting yang di inginkan tidak terlihat maka pilih lagi berdasarkan label dan geser atau tap panah kekanan untuk menemukan judul postingan lainnya soalnya judul hanya tampil 10 buah saja perhalaman.

    4. Jika sudah silakan Simpan dengan me-tap tombol berwarna orange bertuliskan simpan.


    Comments


    1. Tadi saya coba masukkan alamat web ternyata ngga bisa, saya pikir bisa soalnya kan cuma masukkan url aja..hihihi

      ReplyDelete
      Replies
      1. Berarti cuma Wordpress aja mungkin yang bisa 😛

        Delete
      2. Mungkin wordpress bisa, belum saya coba.

        Delete
      3. Bisa WP udh kucoba mas👍

        Delete


    2. Betul tuh kata suhu Anang Hermansyah cuma WP yang bisa blog2 lain seperti Jamila eehh Joomla maksudku tidak bisa suporrt Huu..😁😁

      ReplyDelete
      Replies
      1. Oh Joomla tidak bisa juga, thanks pemberitahuannya 😅👍

        Delete

    3. Wooww iklan di blog ente merangsang semua Huu...Ada yang lebih Hot lagi nggak huu..🤣🤣🤣

      ReplyDelete
      Replies
      1. Gada huu, tanggung semua yee iklannya 😅

        Delete

    Post a Comment