Skip to main content

Aplikasi remot untuk TV jadul dengan IR ponsel Android

DAFTAR ISIBUKATUTUP

    Aplikasi remot untuk TV jadul dengan IR ponsel Android


    Aplikasi remote TV menggunakan Smartphone Android selama ini saya sangka hanya berfungsi untuk jenis Smart TV saja dan rupanya bisa juga untuk TV jadul, prosesnya kurang lebih begini:

    Kalau untuk Smart TV (Tv yang tipis) cara kerja remotnya menggunakan perantara WIFI atau jaringan internet.

    Sedangkan untuk TV jadul (Tv yang tebal) cara kerja remotnya menggunakan perantara Infra Merah (infrared).

    Infrared terkadang oleh pihak aplikasi disebut dengan IR.

    Jadi untuk dapat menggunakan Aplikasi Remot ini pada TV jadul terlebih dulu kita harus memastikan bahwa Ponsel Android kita memiliki fungsi infrared, jika fungsi ini tidak ada maka kemungkinan tidak bisa.

    Cara mengecek Ponsel kita apakah memiliki fungsi infrared bisa kita lihat diatas Body Ponsel kalau ada bulatan kecil kemungkinan itu adalah infrared tapi untuk lebih pasti lebih baik ketik saja dipencarian google, misalnya: "Apakah hp Android Redmi 5 memiliki infrared"

    Jika Ponsel kita mendukung infrared selanjutnya silakan download Aplikasi Remot di PlayStore, saya sarankan download yang ini karena saya cuma mencoba app yang ini. https://play.google.com/store/apps/details?id=codematics.universal.tv.remote.control

    Aplikasi Remot Untuk TV Jadul dengan IR Ponsel Android

    Selanjutnya buka Aplikasinya dan pilih "IR (IR TV Remotes) lalu pilih merek TV sesuai merek TV kita, untuk lebih cepat ketik saja merek TV-nya dikolom pencarian yang tersedia dan pilih.

    Setelah itu silakan coba, mungkin akan ada sedikit kendala kecil yaitu sepertinya remot ini hanya dapat berfungsi jika menu remotnya di set ke angka.

    Cara set ke angka, lihat dua gambar berikut. Tap pada menu yang di tunjuk tanda panah untuk beralih ke mode angka. 

    Aplikasi Remot Untuk TV Jadul dengan IR Ponsel Android

    Aplikasi Remot Untuk TV Jadul dengan IR Ponsel Android

    Ya sudah begitu saja selesai silakan coba, tap tombol merah untuk menghidupkan/mematikan TV, dan tap tombol-tombol lainnya untuk fungsi lainnya.

    Salah satu kelemahannya sepertinya saat penggunaannya antara infrared ponsel harus disejajarkan dengan mode sensor/standbye TV agar dapat berfungsi maksimal, berbeda dengan remot fisik walau tidak sejajar tetap berfungsi.

    Tapi lumayanlah kelemahannya hanya harus "disejajarkan saja" mungkin kelemahannya ini hanya terjadi di Redmi 5 saja atau dengan kata lain bisa saja ponsel tipe lain sensor infrarednya jauh lebih baik sehingga dapat berfungsi maksimal walau tidak sejajar.

    Ya itu tadi, lumayan dibanding remot fisik tidak repot ganti baterai, saya bahkan untuk remot TV jadul bukan hanya ganti baterai saja tapi pernah ganti remotnya sampai 3x karena rusak, jadi ya minimal Aplikasi Remot ini bisa jadi alternatif, kan terkadang remot juga bisa terselip dimana gitu, kelindes bantal dll tapi kalau remot dan ponselnya ngumpet berbarengan gatau deh hihi.

    Btw tutorial diatas khusus TV jadul saja sedangkan untuk Smart TV silakan coba sendiri saja guys, selamat mencoba!



    Aplikasi klon dengan fitur kamuflase dan virtual privasi


    Aplikasi Klon atau Aplikasi yang berfungsi untuk menggandakan aplikasi yang sama menjadi beberapa buah.

    Sepertinya ini berbeda dengan Aplikasi Klon pada umumnya karena pada Aplikasi bernama Clone App ini dilengkapi dengan Fitur Kamuflase dan Virtual Privasi. Jadi semacam menyamar, satu buah App seolah di install pada satu merek dan type ponsel tertentu dan App lainnya juga begitu.

    Misalnya ponsel saya Samsung A10 dan ingin mengkloning app Tiktok.

    Tiktok_1 di install ke Samsung A10.
    Tiktok_2 seolah di install ke merek ponsel lain, misal seolah di install ke Xiaomi, dan seterusnya, hampir semua merek dan type ponsel sudah disiapkannya digunakan untuk menyamar.
    Tiktok_3 seolah di install ke Asus.
    Tiktok_4 seolah di install ke Huawei.

    Jadi ketika menggunakan Tiktok_3 kita terdeteksi seolah menggunakannya di Asus walaupun sebenarnya kita menggunakannya di Samsung.

    Apa tujuannya? Mana saya tau, hehe!

    Tapi sepertinya Clone App tersebut di Play Store hanya tersedia versi Litenya saja dengan kata lain fiturnya tidak selengkap versi full, mengapa tidak versi full? kemungkinan dilarang di Play Store.

    Jadi untuk mendapatkan versi full-nya saya mengunduhnya di Galaxy Store dan kemungkinan ada juga di Store2 lainnya seperti Xiaomi Store, dll. Namun meski saya mengunduhnya di Galaxy Store tapi terdapat opsi pembayaran melalui Play Store. 

    Tapi versi gratis saja sudah cukup bagus kalau hanya dipakai untuk menyamar. Versi VIP ini sepertinya digunakan untuk mengkloning sangat banyak, pergeseran rentang lokasi, kloning batch, dan keyboard virtual.

    Aplikasi Klon dengan Fitur Kamuflase dan Virtual Privasi

    Berikut ini keterangannya saya salin dari Galaxy Store.

    Clone App dirancang untuk menjalankan & masuk beberapa akun di satu ponsel pada saat yang bersamaan. Anda dapat membuat dan menginstal banyak klon untuk aplikasi di ponsel. Aplikasi kloning berjalan di ruang paralel dan bekerja secara independen tanpa saling mempengaruhi.

    Mesin kekacauan yang dikembangkan sendiri, aman, stabil, dan berkinerja tinggi, menyadari penggunaan aplikasi kloning tanpa me-rooting ponsel, termasuk mengubah ID perangkat, menyamarkan model merek, lokasi penyamaran, album foto virtual, buku alamat virtual, SMS virtual, panggilan virtual sejarah dan kepekaan pribadi lainnya Perlindungan informasi dan fungsi lainnya.

    Fitur:
    1. Jalankan & masuk beberapa aplikasi jejaring sosial atau aplikasi permainan pada satu ponsel secara bersamaan. Anda dapat mengkloning beberapa aplikasi sosial atau aplikasi game, seperti Facebook, Twitter, WhatsApp, Line, Instagram, Free Fire, Mobile Legends, COC, dll.

    2. Anda dapat mengubah nama dan ikon aplikasi kloning, atau mengaktifkan kunci sandi / keyboard virtual untuk melindungi privasi, atau menjalankan aplikasi kloning Anda dalam mode jendela.

    3. Anda dapat menyesuaikan konfigurasi aplikasi kloning tanpa me-rooting telepon

    Pengaturan Umum:
    Aktifkan / nonaktifkan layanan Google
    Tetap berjalan di latar belakang
    Kunci pengaman
    Keyboard virtual mengambang
    Kartu SD virtual

    Kamuflase peralatan:
    Merk / model kamuflase
    Ubah ID android
    Ubah IMEI / IMSI
    Ubah proxy tampilan web
    Ubah WIFI / Bluetooth mac
    Ubah ID Iklan Google
    Sembunyikan kartu SIM dan operator, sembunyikan informasi GPU

    Perlindungan privasi:
    Gunakan lokasi virtual
    Album foto virtual
    Buku alamat virtual
    SMS virtual
    Jadwal virtual
    Log panggilan virtual
    Cegah perekaman saat berjalan di latar belakang

    Tips:
    (1) Informasi pribadi Anda tidak akan dikumpulkan untuk melindungi privasi.
    (2) Izin, yang diperlukan untuk memastikan pengoperasian normal aplikasi kloning.
    (3) Jangan hapus program utama aplikasi klon, jika tidak klon tidak akan beroperasi secara normal.

    Tidak cocok
    Tidak semua aplikasi bisa di kloning! Aplikasi kloning mungkin macet, menampilkan kesalahan, atau tidak berfungsi dengan baik.

    Aplikasi Klon dan aplikasi kloning yang dihasilkan mungkin tidak kompatibel dengan emulator Android dan beberapa ROM perangkat.

    Cara kerja Clone App dan penggunaannya:
    1. Buka aplikasinya.
    2. Pilih Klon.
    3. Pilih App yang ingin di Klon.
    4. Mulai proses Klon.
    5. Install hasil proses Klon.
    6. Selesai.

    Proses cara kerja pada No 2-3 semacam me-pack app yang sudah ada menjadi .apk kemudian .apk ini di installnya sehingga terjadilah kloning.

    Pada proses No 4 kita mengatur ingin di install seolah menggunakan ponsel apa, type apa, mengganti nama dan icon app, dll. Tapi bagian ini boleh di biarkan saja default karena boleh diedit lagi nanti. Sekian.



    Aplikasi untuk edit rincian lagu, judul, gambar sampul, album, DLL!


    Sebenarnya Aplikasi ini peruntukannya bukan khusus untuk mengedit rincian lagu hanya saja dapat digunakan untuk melakukan itu.

    Yaitu Aplikasi Pemutar Musik (Samsung Music) dan Aplikasi File Manager (X-Plore).

    Cara mengedit rincian lagu dengan Samsung Music


    Aplikasi Untuk Edit Rincian Lagu, Judul, Gambar Sampul, Album, DLL!

    1. Pilih lagunya.
    2. Klik ikon pensil.
    3. Mulailah mengedit.

    Hanya saja kekurangannya tidak bisa digunakan untuk merubah gambar sampul atau cover.

    Cara mengedit rincian lagu dengan X-Plore


    Aplikasi Untuk Edit Rincian Lagu, Judul, Gambar Sampul, Album, DLL!

    1. Klik ikon bulat kecil yang berada disamping file lagu mp3.
    2. Klik ikon pensil.
    3. Mulailah mengedit.

    Fitur dapat mengedit:
    * Nama file.
    * Judul.
    * Artis.
    * Album.
    * Tahun.
    * Komentar.
    * Genre.
    * Nomor urut lagu.
    * Pengarang.
    * Sampul Album.

    Dulunya semua fitur tersebut hanya tersedia untuk pendonasi yang berdonasi lebih dari segelas bir, tapi sepertinya sekarang fitur tersebut dibuka juga untuk pendonasi segelas bir.

    Demikian gan dua buah aplikasi yang juga dapat digunakan untuk mengedit rincian lagu. Saya sengaja menulis ini di blog karena sering lupa kalau ternyata di ponsel saya ada kedua aplikasi itu, terkadang setiap membutuhkan alat untuk mengedit lagu, saya lalu mencari ke PlayStore padahal di ponsel saya sudah ada, tepuk jidat wkwk!



    Comments



    1. Waah menarik juga nih Huu...Cuma masalahnya jarang yee ponsel sekarang pake Infrared. Tahu ponsel gue ada apa nggak belum cek Huu...😁😁

      Itu merek TVnya berserta typenya Huu, Atau nggak? Misalnya merek Samsung Type berapa.🙄🙄

      ReplyDelete
      Replies
      1. Kurang tau juga huu.. sekalian tipenya atau ngga tapi banyak merek asing disana, kemungkinan salahvsatunya itu adalah tipenya, tapi kata yg punya aplikasi kalau TV kita ga ada disana bisa request sama dia.

        Delete

    Post a Comment