Skip to main content

Kumpulan tutorial pengaturan HP Samsung

DAFTAR ISIBUKATUTUP
    Kumpulan tutorial Samsung A10

    Cara aktifkan "Pilihan pengembang" di Samsung


    Barangkali anda membutuhkan Cara Aktifkan "Pilihan Pengembang" Di Samsung A10. Berhubung fitur ini tersembunyi jadi membutuhkan cara khusus untuk mengaktifkannya.

    Saya sendiri sudah sekitar 3 tahun memakai Samsung dan baru kali ini mengetahui bahwa ada fitur tersebut berawal dari menginstall salah satu Aplikasi Perekam Layar. Dimana app ini memberikan pilihan jika ingin mengaktifkan fitur "Penunjuk" yaitu yang berfungsi untuk ketika setiap me-tap apapun di ponsel kita akan seperti membekas agar ketika menggunakan App Perekam Layar dan hasil videonya dapat terlihat jejak klik/tap. Tentunya tanpa mengaktifkan fitur ini maka hasil rekaman bakal tidak diketahui sedang me-klik menu yang mana. Dan fitur "Penunjuk" tersebut tempatnya tersembunyi dalam fitur "Pilihan Pengembang".

    Namun selidik punya selidik jika hanya ingin mengaktifkan fitur "Penunjuk" ini sepertinya tidak perlu masuk ke dalam fitur "Pilihan Pengembang". Soalnya fiturnya sama persis dengan fitur "Animasi" yang bisa diaktifkan dengan mudah melalui Pengaturan > Aksesibilitas > Peningkatan Visibilitas > Hapus animasi.

    Dengan menconteng "Hapus animasi" berarti sama saja dengan mengaktifkan "Penunjuk" dan sebaliknya. Jadi tidak perlu masuk Ke Pilihan Pengembang.

    Cara aktifkan "Pilihan pengembang" di Samsung

    Cara aktifkan "Pilihan pengembang" di Samsung

    Hanya saja banyak fitur lain dalam Pilihan Pengembang yang barangkali kita butuhkan. Kalau saya pribadi jujur saja tidak mengerti fitur di dalamnya itu. Tapi jika anda ingin melihat silakan saja, berikut ini cara aktifkan fitur Pilihan Pengembang.

    1. Ke Pengaturan.
    2. Tentang Ponsel.
    3. Informasi Perangkat Lunak.
    4. Nomor Versi. Tap "Nomor Versi" sebanyak 5x maka "Pilihan Pengembang" akan terbuka.
    5. Selesai. Silakan lihat gambar dibawah. Jika ingin menonaktifkan Pilihan Pengembang kembali, cukup jangan conteng maka akan hilang lagi. Dan untuk memunculkannya kembali, ulangi cara pada No-4.

    Cara aktifkan "Pilihan pengembang" di Samsung

    Cara aktifkan "Pilihan pengembang" di Samsung

    Cara aktifkan "Pilihan pengembang" di Samsung

    Cara aktifkan "Pilihan pengembang" di Samsung

    Cara aktifkan "Pilihan pengembang" di Samsung





    Cara atur notifikasi ikon bulat mengambang


    Cara mengatur "Tampilan pop-up cerdas" yaitu notifikasi ikon bulat mengambang di layar ponsel, apakah ingin ditampilkan/aktifkan ataukah disembunyikan/nonaktifkan.

    Tampilan pop-up cerdas berfungsi misalnya kita lagi melakukan apapun di hp terus setiap ada notifikasi masuk misalnya notifikasi pesan WA masuk, ikon bulat ini akan otomatis muncul dan ketika ikonnya di-tap maka pesan WA-nya akan muncul diatas layar yang dapat langsung dibaca atau dibalas darimana pun tanpa harus masuk ke App WA.

    Tidak hanya WA tapi hampir semua aplikasi dapat ditampilkan dengan cara seperti itu, diantaranya: email, youtube, dll. Sebagai contoh lagi misal kita sedang menulis status di Facebook tiba-tiba ada notif Video baru dari Youtube, kita bisa menulis status FB sambil menonton video dari YT tersebut tanpa masuk ke App YT.

    Terlepas apakah itu membantu ataukah justru mengganggu, sesuai kebutuhan masing-masing saja. Yang jelas jika ada notifikasi masuk secara bersamaan maka layar ponsel kita akan penuh dengan ikon-ikon bulat.

    Namun bisa dihilangkan sementara yaitu tarik "Bilah sisi atas" lalu hapus, atau tap ikon bulat dan tap tanda silang. Hanya saja kalau kita sedang fokus ngelakuin sesuatu mungkin kita tidak akan sempat melakukan itu walaupun hanya butuh beberapa detik melakukakannya, ya namanya juga lagi fokus, hihi.

    Dan untuk menghilangkannya selamanya, inilah yang menjadi inti postingan ini, karena sekilas Meskipun memiliki embel-embel nama "notifikasi" tapi mengaturnya bukan 
    di pengaturan > notifikasi > lalu nonaktifkan, cara ini tidak berhasil dan ikon bulat tetap muncul.

    Masuk ke pengaturan > aplikasi > pilih app yang sering memunculkan ikon bulat > pemberitahuan > dan jangan conteng. Untuk cara ini mungkin berhasil tapi semua notifikasi "bilah sisi atas" juga ikut hilang. 

    Perlu diketahui model notifikasi ini sepertinya ada dua jenis:
    1. Notifikasi yang hanya muncul di bilah sisi atas.
    2. Muncul dengan ikon bulat (Tampilan pop-up cerdas).

    Belakangan saya sedikit paham sepertinya ini tak ada kaitannya dengan fitur "notifikasi" melainkan punya pengaturan tersendiri di Pengaturan > Fitur Lanjutan > Tampilan pop-up cerdas.

    Cara atur notifikasi ikon bulat mengambang

    Seperti contoh gambar diatas, dibawahnya masih terdapat jenis aplikasi lain, kita hanya perlu mencentang aplikasi tertentu agar ikon bulatnya muncul dan sebaliknya jika tidak di-centang ikon bulat tidak muncul. Di gambar diatas saya hanya mengaktifkan untuk Aplikasi WA saja.



    Cara mengatasi Wi-Fi "Tidak dapat mengautentikasi koneksi"

    Ada beberapa masalah yang bisa saja terjadi saat menyambungkan ponsel ke Wi-Fi. Setiap masalah mungkin akan berbeda-beda di setiap ponsel, khusus ponsel saya beberapa kemungkinan masalah tersebut diuraikan seperti berikut beserta kiat menanganinya.

    • Koneksi gagal.
    • Kata sandi salah.
    • Tidak bisa mendapatkan alamat IP.
    • Koneksi diblokir.
    • Tidak dapat tersambung kembali.
    • Internet tidak tersedia.
    • Tersambung tanpa internet.
    • Siap menyambung saat kualitas
    jaringan lebih baik.

    Cara Mengatasi Wi-Fi "Tidak Dapat Mengautentikasi Koneksi"

    Namun dari beberapa kemungkinan masalah tersebut yang sering saya alami dan akan dibahas hanya masalah "Koneksi gagal" saja, yaitu terjadi masalah saat mengautentikasi koneksi dari ponsel ke jaringan.

    Menurut panduan yang ada di ponsel cobalah solusi ini:

    1. Matikan router, lalu nyalakan kembali. Jika router tidak memiliki tombol daya, Anda mungkin harus mencabut router dan mencolokkannya lagi.

    2. Usap ke bawah dari atas layar ponsel Anda dan nonaktifkan Wi-Fi lalu aktifkan kembali.

    Apakah router Anda memfilter
    sambungan berdasarkan alamat MAC?

    Untuk keamanan yang lebih baik,
    ponsel membuat alamat MAC acak.

    Jika router menggunakan pemfilteran
    alamat MAC, pastikan alamat MAC
    ditambahkan ke daftar router yang
    berisi alamat MAC yang diizinkan.

    Untuk menggunakan alamat MAC tetap, ubah tipe alamat MAC di pengaturan untuk jaringan Wi-Fi yang ingin disambungkan.

    Itu jika kita pemilik Wifi-nya.

    Jika cara diatas tidak berhasil kemungkinan ada penyebab lain yaitu kena blokir.

    Jika yakin tidak kena blokir berarti penyebabnya "Tipe alamat MAC".

    Cara mengatasinya di Samsung A10:

    1. Pengaturan.
    2. Koneksi.
    3. Wi-fi. Lalu pilih jaringan tersedia dan tap agak lama. Saat dalam masalah "Autentikasi" ini untuk membuka pengaturannya perlu tap lama, berbeda ketika sudah tersambung membuka pengaturannya cukup dengan pilih ikon gerigi.
    4. Lalu pilih "Kelola pengaturan jaringan".
    5. Tingkat lanjut.
    6. Tipe alamat MAC, jika sebelumnya menggunakan "MAC acak" maka ubah dengan memilih "MAC ponsel" dan sebaliknya.
    7. Simpan.
    8. Begitu saja seterusnya, jika "Tidak Dapat Mengautentikasi Koneksi" maka ubahlah "Tipe alamat MAC".
    9. Selesai.

    Cara Mengatasi Wi-Fi "Tidak Dapat Mengautentikasi Koneksi"

    Ribet sudah tentu, tapi sepertinya keribetan itu demi keamanan ponsel, saya tidak tahu keamanan seperti apa yang dimaksud.

    Caranya mungkin akan berbeda-beda untuk setiap ponsel tapi kata kuncinya disini carilah "Tipe alamat MAC" lalu ubah.



    Cara kloning aplikasi pakai fitur bawaan dari Smartphone


    Pada ponsel Samsung A10 fitur bawaan ini disebut sebagai Dual messenger, saya rasa smartphone lain juga memilikinya meskipun mungkin dengan nama berbeda-beda.

    Terlepas dari itu Kloning Aplikasi ini terdapat juga buatan dari pihak ketiga yang dapat di download di Playstore. Jadi kalau tidak punya fitur bawaan ini di ponsel kita tinggal download saja di layanan store masing-masing.

    Kloning atau disebut juga kelonan artinya dari satu aplikasi di klon menjadi dua buah, entah apa tujuannya mungkin terserah keperluan masing-masing.

    Terkhusus pada fitur ponsel Samsung A10 ini hanya aplikasi tertentu saja yang mendukung untuk dikloning, seperti App WhatsApp, Telegram, dan Facebook.

    Caranya:


    Ke Pengaturan > Fitur lanjutan > Dual messanger.

    Cara kloning aplikasi pakai fitur bawaan dari Smartphone

    Tap tombol di ujung nama masing-masing aplikasi yang tersedia atau didukung untuk mengaktifkan, saat aktif biasanya tombol akan berwarna biru. Seperti gambar diatas.

    Selesai, otomatis aplikasi yang dipilih akan menjadi dua buah hanya saja memerlukan nomor dan akun berbeda.

    Kontak untuk masing-masing aplikasi juga dapat di pisah, misal kontak untuk teman bisnis, atau teman kencan, keluarga, dll.

    Misal satu WhatsApp, Telegram, dan Facebook khusus untuk semua teman dan yang satunya lagi alias kloningnya khusus untuk berhubungan keluarga saja.



    Cara sembunyikan poni kamera galaxy A10


    Bagi pengguna samsung galaxy A10 yang mungkin ingin menyembunyikan poni pada kamera depan (selfie) dan hasilnya akan menjadi rata (layar persegi) seperti rambut yang disisir kebelakang atau seperti layar smartphone pada umumnya.

    Meskipun disembunyikan, jangan kuatir karena kamera selfie tetap dapat digunakan alias tidak ikut tersembunyi.

    Cara sembunyikan poni kamera galaxy A10

    Caranya cukup mudah, silakan ke Pengaturan > Tampilan > Aplikasi layar penuh > Sembunyikan kamera depan > Lalu conteng > Selesai. Dan untuk menampilkan poni kembali silakan 'jangan conteng', selesai.


    Cara screenshot atau tangkap tampilan layar Android

    Cara terbaik untuk menangkap atau capture layar menggunakan Android tanpa menekan tombol.

    Aplikasi Screenshot Easy adalah alat yang memungkinkan Anda mengambil cuplikan layar menggunakan Android dan memilih dari sejumlah pilihan tambahan.

    Biasanya, pengguna Android bisa mengambil cuplikan layar dengan menekan tombol home dan volume bawah secara bersamaan. Atau khusus pengguna samsung galaxy grand neo plus bisa menekan tombol power dan home bersamaan.

    Dengan Screenshot Easy, Anda juga dapat memilih ke mana berkas cuplikan tersebut akan disimpan, beserta formatnya (JPG, PNG). Selain pilihan ini, dan tergantung pada model Android Anda, Screenshot Easy juga memungkinkan Anda mengaktifkan pintasan tambahan untuk mengambil cuplikan layar.

    Anda dapat memilih untuk mengambil cuplikan dengan menggoyangkan perangkat, menekan ikon pemberitahuan, atau beberapa pilihan lain.

    Screenshot Easy adalah alat yang berguna jika Anda mengambil banyak cuplikan dengan Android Anda karena menawarkan lebih banyak pilihan dan lebih banyak kontrol.

    Screenshot Easy buatan Ice Cold Apps Membutuhkan Android OS versi 2.1 atau lebih tinggi. Untuk mengetahui versi Android silakan buka "Pengaturan > Tentang Perangkat dan silakan lihat versinya disana". Untuk mendownload silakan cari di Play Store dengan kata kunci "Screenshot Easy" atau "Tangkapan Layar Mudah".

    Dibawah ini beberapa contoh gambar pada pengaturan Apps Screenshot Easy.






    Cara sembunyikan file apapun di Android

    Cara mudah sembunyikan file dan folder di Android tanpa menggunakan Aplikasi. Terkadang ada beberapa hal yang mengharuskan kita untuk menyembunyikan file seperti misalnya foto atau video pribadi di Smarphone yang mungkin tidak ingin dilihat orang lain karena suatu alasan atau bahkan mungkin tanpa alasan. Apapun itu terserah lah yang jelas berikut ini caranya.

    Sebenarnya cara ini sedikit rada konyol sebab bagi yang sudah tau caranya pasti akan dengan mudah melihat file yang kita sembunyikan tapi bagi yang belum mengetahui dan ingin mencoba silakan ikuti langkahnya berikut ini.

    Pertama buka Aplikasi "File Saya" lalu pilih file yang akan disembunyikan terus ubah nama file tersebut dan tambahkan tanda titik di depannya. Misal nama filenya JaeyZONE maka menjadi .JaeyZONE

    Selanjutnya pada bagian pojok kanan atas terdapat titik-tiga silakan ketuk itu dan pilih "Pengaturan" dan Jangan conteng pada "Tampilkan file yang tersembunyi", terus ketuk kembali untuk menyimpan pengaturan dengan begitu file yang sudah di beri tanda titik tadi akan tersembunyi dan untuk menampilkan filenya kembali silakan di conteng lagi.

    Cara yang sama berlaku juga untuk folder, tapi folder yang anda buat sendiri ya bukan folder bawaan pabrik. Cara ini hanya saya coba di Grand Neo Plus dan untuk model lain silakan coba sendiri tapi kata artikel tetangga sebelah cara ini mendukung semua model Android.




    Fitur menu asisten bola pintas Android


    Fitur menu asisten bola pintas Android

    Hanya ingin berbagi info saja, alih2 mendownload aplikasi yang menyita ram dan baterai lebih baik gunakan fitur bawaan yang lebih simpel, terkadang fitur semacam ini ada di ponsel kita namun kita tidak mengetahuinya dan malah mendownloadnya padahal sudah disediakan, hanya saja memang sih app yang di download berisi fitur lebih lengkap tapi iklannya itu lho nyebelin, hehe.

    Di xiaomi redmi note menyebutnya sebagai bola pintas sedangkan samsung a10 menyebutnya dengan menu asisten sedangkan di berbagai aplikasi serupa menyebutnya sebagai assative touch, ketiga sebutan itu memiliki menu yang serupa yaitu menampilkan fitur tambahan atau jalan pintas menuju aplikasi yang mengambang di layar dalam wujud icon kecil yang apabila icon tersebut di tap akan memunculkan sederetan menu, umumnya berisi fitur:

    1. Tombol power, berguna untuk mematikan ponsel tanpa harus menekan tombol power fisik. Reload, mematikan dan menghidupkan kembali secara otomatis.

    2. Matikan layar, Screenshot, dan Rekam layar.

    3. Alternatif pengganti tombol volume fisik serta tombol navigasi, back, home dan recent.

    4. Dan beberapa aplikasi favorit lainnya yang dapat ditambahkan (tergantung jenis merek androidnya).

    Cara mengaktifkan pada samsung a10 cukup masuk pengaturan, aksesibilitas, interaksi dan kecekatan, lalu pilih menu asisten. Atur besar kecilnya icon mengambang dan transparansinya, selesai.

    Cara setting hotspot Wi-Fi portable Android


    Cara aktifkan Tethering atau Hotspot Portable Smartphone dan menjadikan Android sebagai WiFi bertujuan agar dapat berbagi sambungan internet seluler dari satu HP ke perangkat lain sampai batas 10 buah perangkat.

    Cara Aktifkan Hotspot Portable


    1. Masuk ke Pengaturan Smartphone.
    2. Pilih Penambatan dan Hotspot Seluler.
    3. Pilih Hotspot Seluler, bila bertuliskan Tidak aktif maka tap pada icon dibagian atas agar Aktif.
    4. Setelah aktif, tap icon titik tiga dan pilih "Konfigurasi Hotspot" lalu akan muncul pengaturan sebagai berikut:
    - Pada "SSID Jaringan" masukan sebuah kata terserah yang nantinya ini sebagai nama Hostspot anda.
    - Selanjutnya pada "Pengaman" pilih WPA2 PSK.
    - Pada "Kata sandi" silakan buat kata sandi bebas sesuai selera anda. Jangan takut lupa karena akan selalu ada tertulis disana. Kata sandi ini bertujuan agar Wifi anda tidak digunakan secara umum kecuali anda izinkan dengan cara memberikan passsword anda kepada teman atau orang lain dengan begitu perangkat lain dapat menggunakan Wifi anda.
    - Pengaturan lainnya abaikan saja dan terakhir jangan lupa tap "Simpan".
    5. Selesai. Sampai pada langkah ke-4 diatas Hotspot Wi-Fi Portable sudah aktif dan dapat digunakan oleh perangkat lain.

    Cara setting hotspot Wi-Fi portable Android

    Selain itu bila diperlukan, setting juga pada "Izinkan akses Wi-fi ke" dengan cara mencentang salah satu berikut.
    - "Bolehkan semua perangkat." Semua perangkat terdekat dapat memakai Wifi anda.
    - "Hanya perangkat yang diizinkan." Hanya yang anda izinkan yang dapat memakai Wifi anda. Cara mengizinkan dapat dilakukan setelah perangkat lain tersambung ke Wifi anda dengan cara tap tanda [+] plus disebelah kanan dari nama perangkat yang terhubung dan sebaliknya tap tanda [x] silang untuk memutus sambungan atau menghapus izin.

    Cara Menyambungkan Perangkat lain ke Hotspot Portable atau Wi-Fi


    1. Aktifkan Hotspot Portable di HP pertama dan cari Wifi dengan HP yang kedua.
    2. Di HP kedua, silakan masuk ke Pengaturan.
    3. Pilih Wi-Fi.
    4. Tap pada icon dibagian atas untuk meng-Aktifkan.

    Cara setting hotspot Wi-Fi portable Android

    5. Setelah aktif akan muncul daftar Jaringan Wifi disekitar anda, silakan pilih nama dari Wifi yang telah anda buat tadi pada HP pertama dan silakan masukan password yang juga telah anda buat sebelumnya tadi. Cara ini berlaku seandainya anda punya dua buah HP milik sendiri. Namun jika ingin menggunakan Hotspot milik orang lain tentunya anda harus meminta password mereka terlebih dulu dan cara menyambungkannya sama saja seperti ini.
    6. Selesai.

    Memotret atau merekam dengan senter tetap menyala


    Memotret atau merekam dengan senter tetap menyala

    Umumnya sebuah aplikasi kamera (khususnya pada smartphone menengah kebawah) biasanya saat kamera aktif, senter tidak bisa dihidupkan secara bersamaan dengan kamera sehingga saat merekam atau memfoto pada malam hari hasilnya akan gelap, minimal dengan adanya bantuan senter hasil foto/videonya sedikit lebih terang, bulu kaki atau hidung jadi jelas terlihat.

    Caranya, yang saya ketahui cuma pada smartphone Samsung A10, (untuk ponsel merek lain saya kurang tau), tapi biasanya fitur2 setiap ponsel sama saja, yaitu dengan menambahkan 'widget', cubit pada layar depan ponsel lalu pilih widget 'Pembesar'. Nah menggunakan widget pembesar inilah kita melakukan pemotretan atau perekaman, karena dalam aplikasi widget ini ada senternya yang dapat disetel terus menyala maupun dimatikan, sesuai kebutuhan. Berbeda dengan aplikasi kamera yang pencahayaan/kilatan/senternya hanya baru bisa aktif bersamaan ketika me-tap tombol pemotret.


    Fungsi keyboard melayang pada Smartphone


    Setidaknya ada 3 fitur dalam satu keyboard di ponsel saya dan kemungkinan ada juga pada smartphone anda yaitu Standart, Satu tangan, dan Melayang. Masing2 dengan fungsinya.

    Dan terkhusus Keyboard Melayang salah satu fungsinya yang saya ketahui ialah berguna ketika membuat postingan di Blogger.

    Seperti kita ketahui ketika membuat posting menggunakan smartphone di Blogger akan ada beberapa bagian teks yang tidak terllihat alias tertutup keyboard sementara jika keyboard disembunyikan tentunya kita tidak bisa menulis karena menulis pasti memakai keyboard.

    Sebagai contoh ketika ingin menambahkan sesuatu kedalam postingan misalnya link, atau gambar, sementara kotak teks bagian bawah tertutup keyboard dan tak bisa di-scroll keatas, bisa sih di-scroll keatas hanya saja fitur tambahkan link/gambar tidak akan terlihat juga. Jadi seperti Dorce Simalakama, jika di-scrool keatas tulisan bagian bawah tertutup jika di-scroll kebawah fitur link/gambar tidak kelihatan.

    Solusinya adalah pakai keyboard melayang, yang dapat di-geser2 kemana2. Caranya pada keyboard dibagian atas ada dereten angka dan diatasnya lagi ada deretan smiley, emot, clipboard, setting, dan icon keyboard. Pilih icon keyboard → pilih keyboard melayang → maka akan melayang.

    Fungsi keyboard melayang pada Smartphone

    Namun kalau hanya untuk membuat postingan bisa saja tanpa Keyboard melayang, cukup beri spasi sebanyak mungkin dibagian bawah tulisan post sehingga yang tertutup keyboard hanyalah teks kosong. Setelah selesai menambah link/gambar barulah hapus kembali spasi tersebut.


    Pengelolaan manager izin pada ponsel agar tak disalahgunakan


    Baru-baru ini tanpa sengaja saya menyasar ke situs mediakonsumen.com, saya tidak tau situs apa ini tapi sekilas saya perhatikan sepertinya tempat curhat orang-orang yang mengalami sesuatu, misal tertipu dari produk, kecewa, curiga pada sesuatu dan lainnya.

    Salah satu curhatan dengan tulisan lengkap saya baca disana adalah mengenai kecurigaan dia pada Aplikasi Akulaku yang menggunakan kamera perangkat miliknya tanpa seizin dia. Dia takut jika data pribadinya disalahgunakan oleh Aplikasi tersebut.

    Jauh sebelumnya sejak dulu juga banyak pengguna ponsel yang takut pada ponselnya, seperti misalnya waktu itu orang-orang takut karena Facebook mengambil foto secara otomatis dari Galery ponsel mereka dan juga sempat heboh netizen uninstall massal Browser Chrome karena menggunakan fitur sensor gerakan, beruntung pihak Google langsung angkat bicara waktu itu bahwa itu aman jadi netizen langsung diam merasa aman.

    Terkait hal privasi ini di ponsel saya ada fitur yang bernama Manager Izin dan saya rasa hampir semua ponsel memilikinya dan inilah yang akan kita bahas di postingan ini.

    Di Pengaturan > Aplikasi > Manager Izin, buka dan akan terlihat Pengelola Izin untuk Kamera, Lokasi, Mikrofon, dll. dan tertera misalnya ada berapa atau Aplikasi mana saja yang memakai Kamera.

    Pengelolaan Manager Izin pada Ponsel agar tak disalahgunakan

    Untuk langkah aman, kita bisa memberi izin dengan memilih pengaturan misalnya:

    - Izinkan hanya saat aplikasi digunakan.
    - Selalu tanya.
    - Tolak.
    - Lihat semua izin (untuk pengaturan lainnya)

    Pengelolaan Manager Izin pada Ponsel agar tak disalahgunakan

    Pengelolaan Manager Izin pada Ponsel agar tak disalahgunakan

    Pengelolaan Manager Izin pada Ponsel agar tak disalahgunakan

    Itu contoh untuk pengaturan izin kamera, yang bisa diterapkan juga untuk pengaturan pada izin lainnya misal mikrofon, panggilan, dll.

    Selain buat foto-foto dan merekam apa saja sih lagi kegunaan kamera, mikrofon, dll. Saya juga kurang tau apa saja kegunaannya selain yang kita ketahui namun saya pernah menonton film dan di film itu dia blak-blakan bilang: "FBI mampu mendengarkan pembicaraan orang lain sekalipun ponselnya mati", hihi.. entah dia becanda atau apa, EGP.

    Pada intinya guys barangkali punya keluh kesah mengenai sesuatu mungkin bisa diceritakan ke situs mediakonsumen.com dan juga tak ada salahnya menyetting Manager Izin ponsel kita agar tak disalahgunakan pihak lain.


    Cara kembalikan pengaturan "Aksi lengkap memakai" ke default di Android


    Terkadang saat akan membuka suatu file misal ketika membuka video atau lainnya akan muncul tulisan "Aksi lengkap memakai" dan kita diminta memilih "Selalu" atau "Sekali saja". Kalau memilih Selalu, info tulisan tersebut tidak akan muncul lagi dan video akan selalu diputar dengan aplikasi pemutar video yang telah kita pilih.

    Namun, mungkin kita memiliki aplikasi pemutar video lebih dari satu dan ingin menggunakan pemutar video yang lainnya tapi karena telah memilih "Selalu" maka tidak bisa lagi. Untuk itu maka kita harus menghapus "Hapus Default" atau mengembalikan pengaturan tersebut seperti semula agar saat ingin memutar video akan muncul "Aksi lengkap memakai" dan kita bisa memilih ingin memutar video dengan pemutar video yang mana dari beberapa pemutar video yang ada.

    Haha.. Jujur saja saya pernah kesal lho gara2 itu. Sebetulnya petunjuknya sudah ada saat akan memilih "Selalu" tapi karena terburu2 biasanya tidak sempat baca.

    Cara pengaturannya adalah:

    1. Masuk ke Pengaturan.
    2. Pilih Manager aplikasi.
    3. Pilih Aplikasi mana yang akan di Hapus Defaulnya lalu "Hapus Default".
    4. Hapus Defaul disini dapat diartikan mengembalikan ke Default. Selesai.

    Semoga paham dengan maksud tulisan ini setelah melihat gambar dibawah ini. Salam Blogger hehe.





    Cara packing file ke zip dan extrak di Android tanpa aplikasi

    Ada banyak alasan mengapa harus mem-packing file menjadi zip misalnya agar file yang banyak bisa terkumpul menjadi satu atau agar file tidak rusak saat di upload dan agar mudah serta support untuk di upload dan sebagainya. Terkadang ada beberapa jenis format file yang tidak mendukung -misalnya css, js, template xml dsb- dan harus di pack ke zip terlebih dulu baru bisa di upload. Dengan HP Android bisa mempacking file tanpa harus menggunakan Aplikasi pihak ketiga. Berikut ini caranya.

    Ke "Folder Saya" > Penyimpanan Lokal / Perangkat atau Kartu SD > Pilih file yang akan di pack, jika filenya dalam folder maka masuk dulu ke foldernya atau langsung packing folder bersama isinya > Terus jika file yang akan di pack lebih dari satu maka centang terlebih dulu dengan cara sentuh titik tiga di pojok kanan atas lalu centang filenya > Kalau sudah, selanjutnya sentuh lagi titik tiga dan terdapat pilihan (Pindah, Salin dan Zip), karena kita akan membuat Zip maka pilih Zip > Selesai.

    Kalau sudah terpacking semua file yang di tandai atau centang tadi akan menghilang berpindah kedalam paket zip.

    Dan sebaliknya untuk cara mengembalikannya atau Ekstrak atau Unzip atau Unpack atau membuka isi dari file yang terbungkus ZIP adalah sbb:

    Tap titik tiga di pojok kanan atas lalu pilih dan centang file Zip yang akan di Ekstrak > Selanjutnya pilih Ekstrak atau Ekstrak ke folder saat ini > Selesai.





    Persiapan sebelum mereset Smartphone Android

    Hal terpenting dalam hp kita itu selain kontak, data aplikasi, data pengaturan, data login semisal data Whatsapp dan file berupa foto, lagu, dan video semua itu harus di amankan sebelum melakukan Reset Data Pabrik agar tidak hilang. Tapi jika data tidak terlalu banyak seperti hp saya cukup amankan dengan salin semua file ke SD Card saja karena saat proses mereset Kartu SD tidak ikut tereset.

    Untuk cara mereset, bagi pengguna Samsung cukup ke Pengaturan > Cadangkan dan reset > Ikuti semua penjelasan yang ada disana, atau lakukan seperti contoh gambar diatas.



    Cara copas selektif dengan keyboard Android


    Cara copas selektif dengan keyboard Android

    Bagi yang tak terbiasa berurusan dengan teks, CoPas alias copy paste pada kata atau kalimat tertentu yang ingin dipilih (selektif) adalah bukan hal yang mudah, ini dapat memicu stres lho. Namun aktifitas ini dapat dipermudah dengan bantuan keyboard pada android.

    Cukup tap titik tiga pada keyboard pilih pengeditan teks dan tap "pilih". Arahkan tanda panah kekanan bawah kiri atas, sesuai teks mana yang ingin di pilih. Mudah, tak perlu tekan lama, tak perlu usap jari di layar. Namun kelemahannya ini hanya berfungsi dalam kotak teks (textarea) karena memang keyboard hanya bisa muncul dalam teks area saja. Selain berguna untuk salin, tempel, fitur ini juga bisa digunakan memotong teks. Cocok banget buat anak Blog yang memang lebih sering berurusan dengan teks.


    Cara bangunkan dan tidurkan layar di Redmi


    Barangkali tombol power terasa keras dan kaku bila ditekan sementara mungkin kita perlu untuk menghidupkan atau mematikan layar.

    Ada 2 cara membangunkan layar yaitu:

    Pertama, Tap dua kali pada layar namun terlebih dulu harus setting di Setelan > Tampilan > dan conteng pada 'Ketuk layar 2× untuk bangungkan'.

    Cara bangunkan dan tidurkan layar di Redmi

    Cara kedua, Dengan menyentuh fitur sidik jari yang ada dibawah fisik kamera belakang hp.

    Sementara untuk menidurkan/mematikan layar kita bisa memanfaatkan widget, caranya pada layar utama cubit atau rentangkan 2 jari mengusap di layar lalu pilih widget dan pilih widget Kunci (icon gembok), setelah widget dipilih akan otomatis muncul di layar utama sebagai jalan pintas, tap saja itu maka layar akan hitam/tidur.

    Demikian cara bangunkan dan tidurkan layar di hp xiaomi redmi note 4, alternatif selain itu mungkin bisa colokin charger agar layar menyala sedangkan untuk hape yang tidak memiliki fitur tersebut bisa menggunakan aplikasi tap on/off atau dengan melambaikan tangan ke layar dan semacamnya silakan cari di Play Store.


    Beberapa fungsi sembulan ketika tap lama pada layar ponsel


    Suatu cara sederhana yang mungkin semua pengguna internet sudah mengetahui cara ini tapi saya tuliskan saja lagi sebagai koleksi posting blog ini.

    Diantaranya, Cara Klik URL (Mati) agar jadi LINK (Hidup).

    Terkadang ketika membaca artikel di suatu situs mungkin kita pernah menemukan URL atau alamat tautan yang tidak bisa di klik karena hanya berbentuk seperti teks biasa.

    Sementara kita perlu me-klik tautan itu untuk mengunjungi halaman dari url tersebut.

    Dijaman sekarang dengan browser dan ponsel manapun kita dapat melakukan itu yaitu me-klik url mati menjadi link hidup agar dapat dikunjungi.

    Caranya jika menggunakan ponsel, cukup tap url tersebut agak sedikit lama maka akan muncul sembulan bertuliskan "Open/Buka" klik saja itu maka ponsel akan otomatis mendeteksi serta mengakses tautan tersebut di jendela baru.

    Sebagai contoh dan latihan, anda bisa mencoba me-klik url mati ini "https://jaeyzona.blogspot.com" dan jika berhasil me-kliknya url tersebut akan mengarahkan anda ke halaman beranda blog ini.

    Beberapa fungsi sembulan ketika tap lama pada layar ponsel

    Beberapa fungsi sembulan ketika tap lama pada layar ponsel

    Silakan lihat contoh gambar diatas ketika saya me-klik url mati menjadi link hidup.

    Tidak hanya itu, me-tap suatu teks agak sedikt lama juga akan memunculkan sembulan untuk fungsi lain, seperti pada contoh gambar diatas muncul fungsi lain yaitu, salin teks, bagikan, atau menelusuri teks tersebut ke pencarian google atau menerjemahkan teks tersebut dengan fitur kamus di sembulan.

    Demikian Beberapa Fungsi Sembulan (pop-up) Ketika Tap Lama Pada Layar Ponsel.

    Dan berikut sedikit penjelasan mengapa penulis di Internet terkadang hanya membagikan tautan dari url mati dalam tulisan, mengapa bukan link hidup.

    Saya tidak tahu bagaimana dengan alasan mereka, tapi kalau saya biasanya karena beberapa alasan berikut.

    1. Tidak punya banyak waktu menulis link atau tidak ada fitur itu atau memang dilarang, iya terkadang ada beberapa situs yang melarang menuliskan link hidup (biasanya disitus forum atau dikolom komentar blog), juga menulis link membutuhkan kode yang memerlukan perhatian khusus ketimbang meletakkan url biasa tanpa kode di tulisan.

    2. Meminimalisir terjadinya broken-link akibat dari kesalahan penulisan url maupun kode. Meskipun url sudah ditulis dengan benar namun terkadang pemilik url tersebut merubahnya sehingga terjadilah broken-link.

    Sebagai contoh misalnya saya menuliskan tautan dengan url dari suatu halaman di Facebook, suatu saat bisa saja fb mengubah url halamannya tersebut, saya sering mendapati perubahan semacam itu pada hampir sebagian besar situs di internet.

    Sebagai pemilik situs tentu kita tidak bisa memantau keseluruhan link yang pernah di tulis dalam postingan, yang mana yang berubah url-nya dan yang mana tidak, kecuali mendapat laporan dari pengunjung yang berkomentar menginfokan itu atau menggunakan Tool khusus tapi kalau banyak yang error tentu capek memperbaikinya kalau tidak diperbaiki bakal mempengaruhi kualitas SEO blog.

    3. Untuk menunjukkan pada pembaca bahwa url tersebut terpercaya bukan url tipu-tipu. 

    Demikian beberapa alasan mengapa terkadang orang malas menulis link hidup dan cenderung menuliskan url mati. Namun jika rajin, menulis link hidup akan terlihat lebih baik karena lebih rapi dan mudah di klik. Semoga bermanfaat!

    Comments